3 Cara Samsung Knox Lindungi TV Samsung dari Kejahatan Siber

virprom.com – Samsung kini menambahkan lapisan keamanan pada produk smart TV-nya dengan menyematkan fitur Samsung Knox.

Samsung Knox adalah kerangka keamanan dan manajemen eksklusif yang sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat Samsung. Teknologi ini dikatakan dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan pengguna, dan mencegah kejahatan dunia maya.

Kehadiran Samsung Knox juga dinilai penting karena banyak smart TV yang terkoneksi dengan jaringan internet. Semakin mudah suatu perangkat terhubung ke Internet, semakin besar kemungkinan perangkat tersebut menjadi target penjahat dunia maya.

Oleh karena itu, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna, raksasa teknologi Korea Selatan ini telah menambahkan teknologi Samsung Knox ke jajaran TV-nya.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Sinyal Smart TV Tiba-tiba Hilang

“Dengan mengintegrasikan solusi keamanan ini, pengguna melindungi privasi dan informasi pribadi pengguna dari semakin banyak penjahat dunia maya yang menjadi sasaran, termasuk kualitas gambar yang tinggi, teknologi inovatif, dan kecerdasan buatan yang semakin canggih,” kata produk tersebut. Ketua. AV Bisnis Samsung Electronics Indonesia, Ubay Payutin.

Dalam laporan yang diperoleh KompasTekno, Senin (6/5/2024), Samsung mengungkap tiga inisiatif untuk melindungi smart TV-nya dengan Samsung Knox. Upaya pertama adalah menawarkan platform Tizen OS.

Sistem operasi yang berjalan pada Samsung Smart TV adalah Tizen OS. Sejak mendapat sertifikasi Common Criteria (CC), Samsung mengklaim sistem operasinya mampu mendeteksi potensi ancaman peretasan secara real-time, sehingga mencegah pengguna menjadi sasaran penjahat (hacker). Dirancang dengan baik

Upaya kedua adalah merancang chip Knox agar tahan terhadap serangan dari luar sistem. Fitur perangkat lunak dirancang agar tidak mudah diretas atau “disusupi” sekaligus memberikan keamanan yang komprehensif.

Oleh karena itu, data sensitif seperti kode PIN, kata sandi, informasi biometrik, dan aplikasi pembayaran dienkripsi dengan sistem khusus Knox.

Baca Juga: Bisnis Samsung Membaik, Untung Naik 900 Persen

Dalam kasus lain, Banu Afwan Pribadi, Kepala Lab Inovasi B2B Samsung Research Indonesia, mengungkapkan cara kerja Samsung Knox “aman” dan bisa disamakan dengan rumah untuk ponsel, tablet, dan TV.

Kapan pun rumah terbakar atau dibobol, semua informasi disimpan dengan aman dan terlindungi.

Dikatakan lebih aman karena tempat “aman” (Samsung Knox) ​​​​yang menyimpan data-data penting bukan di dalam rumah, melainkan di luar rumah. Samsung Knox benar-benar terisolasi, sehingga bisa memprediksi kebocoran data.

Namun, pengguna disarankan untuk memiliki akun Samsung terlebih dahulu untuk memanfaatkan manfaat keamanan ini.

Jika terjadi potensi kebocoran data pada sistem keamanan TV Samsung, Knox dapat secara aktif membuat sistem pertahanan, mengeluarkan pemberitahuan, dan memperingatkan pengguna akan aktivitas ilegal.

Baca Juga: Sederet Teknologi Hadir di Samsung Smart TV Tahun Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top