Beda Spesifikasi Busi Panjang dan Busi Pendek

JAKARTA, virprom.com – Busi memegang peranan penting dalam pembakaran mesin. Perlu diketahui bahwa ada dua jenis busi, ada yang kabelnya panjang dan pendek. Biasa disebut dengan short head atau long head spark.

Dico Octaviano, teknisi aftermarket PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), produsen busi NGK, mengatakan busi panjang dan busi pendek bisa dilihat dari berbagai bentuk busi.

Baca Juga: Konversi Rumah G-Craft Membangun Honda Monkey Dari Nol

Busi panjang dan busi pendek itu standar. Biasa di mobil.

Secara visual, panjang isolator busi juga bisa menentukan apakah busi tersebut panas atau busi dingin, kata Dicko.

Busi dingin memiliki bentuk isolator yang lebih kecil sehingga proses perpindahan panas lebih cepat hilang. Sedangkan busi panas memiliki isolator yang panjang sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menghilangkan ketahanan panasnya.

Baca juga: PO Sinar Jaya Ingin Buka Jalan Wonosobo-Sukabumi Lewat Sianjur

Dicko mengatakan, busi pendek buatan NGK seringkali memiliki kode HS. Busi jenis ini biasanya digunakan pada sepeda motor berdaya rendah.

Busi yang paling kecil adalah C7HSA yang biasanya mempunyai kode HS yang banyak dijumpai pada sepeda motor (Yamaha Mio), Freego, Supra lama (Honda) dan lain sebagainya. biasa saja,” ujarnya.

Baca Juga: Bandara Neta V Halim Perdanakusuma Jadi Taksi

Sedangkan busi yang lebih panjang pada NGK memiliki huruf E dan biasanya digunakan pada sepeda motor baru dengan kapasitas lebih besar.

“Contohnya ada CTR6E, jadi ada kode E, ada CTR7E, CTR8E, dan CTR9E, ada (Honda) Vario atau Supra 125, Karisma lalu Beat, dan motor-motor lain yang pakai busi panjang seperti itu,” dia berkata. . Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top