Bau Mulut Sulit Hilang, Waspadai Penyakit Tersembunyi

virprom.com – Bau mulut merupakan salah satu masalah yang bisa membuat kita merasa malu dan rendah diri saat berkomunikasi. Ketika orang yang kita ajak bicara mempunyai bau mulut, kita pun diam-diam berpaling.

Meskipun tidak semua orang pasti ingin memiliki bau mulut, banyak orang tidak mengetahui apa penyebab utama bau mulut. Selain itu, bau mulut seringkali tidak hilang meski kita sudah rajin menyikat gigi.

“Bau mulut bisa bersifat sementara atau jangka panjang,” kata juru bicara American Dental Association, Dr.

Ia mengatakan, bau mulut sebenarnya menjadi masalah bagi banyak orang. Sekitar 50 persen orang dewasa mengalami bau mulut atau halitosis.

Selain bau mulut, sebenarnya ada gejala lain yang menyertai kondisi ini, antara lain kulit putih di lidah, mulut kering, atau masuknya cairan ke bagian belakang tenggorokan dari salah satu lubang hidung, biasanya disebabkan oleh iritasi, alergi, atau bakteri. . . infeksi

Baca juga: 4 Fungsi Obat Kumur, Tak Hanya untuk Bau Mulut

“Kondisi ini disebut post-nasal infus dan biasanya disertai bau mulut,” kata dokter gigi Cassandra Heath.

Bau mulut sering dikaitkan dengan kerusakan gigi dan penumpukan plak.

Bau mulut yang tak kunjung hilang juga bisa menjadi tanda penyakit gusi, yang biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau sisa plak, kata Price.

Selain karena mengonsumsi makanan berbau, penyebab bau mulut yang paling umum adalah adanya bakteri.

Ada ribuan jenis bakteri penyebab bau mulut yang secara alami hidup di rongga mulut. Bakteri ini mendapatkan makanannya dari plak di sela-sela gigi kita atau sisa makanan setelah makan.

Menurut Heath, tempat yang paling disukai bakteri untuk makan adalah di lidah.

“Jika kita malas membersihkan lidah, penumpukan bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut,” ujarnya.

Selain faktor kebersihan gigi dan mulut, bau mulut juga dikaitkan dengan penyakit saluran cerna seperti maag atau GERD, serta penyakit serius seperti gangguan liver atau ginjal.

Baca juga: Mengapa Gigi Menguning Meski Rutin Disikat? Dengarkan berita terbaru kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top