15 Kebiasaan Sehari-hari yang Diam-diam Merugikan Kesehatan

virprom.com – Banyak di antara kita yang melakukan hal-hal yang sudah menjadi rutinitas, namun tanpa disadari berdampak buruk bagi kesehatan.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut tidak hanya sekedar mengonsumsi makanan yang tidak sehat, malas atau kurang bergerak, tetapi juga hal-hal sederhana yang kita anggap remeh.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Memencet hidung saat bersin

Bersin di depan orang lain mungkin tampak seperti tindakan yang buruk, namun perhatikan kasus yang dilaporkan dalam jurnal medis The BMJ: Seorang pria mengalami luka (bagian tenggorokannya) lalu menutup hidungnya saat bersin. 

“Kalau menahan bersin tetap menimbulkan tekanan tapi tidak meredakan,” kata Dokter Spesialis THT PIH Health, Sanchayata Mitra, MD. “Jika ini terjadi, tekanannya bisa kembali, baik melalui sinus atau bagian belakang hidung, mulut, tenggorokan, atau dada.” 

Tekanan telinga akibat hidung tersumbat dapat merusak telinga atau telinga bagian dalam. “Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan cedera lain seperti pecahnya pembuluh darah di area mana pun seperti dada, leher, mata, atau otak,” ujarnya. 

“Cedera seperti ini tidak sering terjadi, tapi biasanya yang terbaik adalah memegang tisu atau mendekatkan wajah ke bahu dan membiarkan bersin terjadi.”

Baca Juga: Jarang Diketahui, 10 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kita Benci Orang yang Tinggalkan Tas di Meja.

Sesampainya di rumah, Anda bisa meninggalkan dompet atau dompet Anda di meja makan atau meja dapur. Namun, dengan melakukan hal ini, Anda dapat menyebarkan bakteri pada makanan dan area persiapan makanan. 

“Bagian bawah tas dapat menampung kuman dan bakteri dari berbagai area tas,” kata Jennifer Caudle, M.D., dokter keluarga dan asisten profesor di Rowan University. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tas tangan dapat membawa lebih banyak kuman dibandingkan dudukan toilet. “Menempatkan dompet di atas meja dapat menyebarkan kuman ini ke benda lain – mungkin benda yang kita kerjakan, makan, atau bahkan benda yang dimainkan anak-anak kita!” Kata Dr. ekor.  Simpan dompet Anda di saku belakang

“Duduk dengan dompet di saku belakang menyebabkan pinggul tidak rata, yang dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah, nyeri punggung, atau nyeri punggung atas atau bahu,” kata Dr. ekor. 

“Memiliki dompet di saku belakang juga dapat mengiritasi saraf di punggung bawah dan kaki, yang disebut dengan sindrom dompet gemuk. Keluarkan dompet Anda dari saku belakang! ” 

Baca juga: Mengapa Kita Tidak Harus Menyimpan Dompet di Kantong Belakang? Gunakan pengering tangan

Pengering tangan mungkin lebih ramah lingkungan dibandingkan handuk kertas, namun sebuah studi baru menunjukkan bahwa pengering tangan di kamar mandi Karat umum benar-benar melemparkan kuman ke tangan kita. 

“Banyak jenis bakteri, termasuk patogen dan spora berbahaya, dapat menempel pada tangan yang menggunakan pengering tangan di toilet umum,” tulis penulis penelitian. 

“Di rumah yang besar, bakteri patogen, termasuk bakteri, dapat berpindah antar ruangan, dan penumpukan bakteri/spora melalui pengering tangan merupakan salah satu cara penyebaran bakteri tersebut.”

Baca juga: Menjemur Tangan di Hand Dryer, Mana yang Lebih Baik? Makan sebelum tidur

Ini bukan soal lingkar pinggang kita, tapi makan menjelang waktu tidur bisa menyebabkan mulas dan mengganggu tidur. 

“Ada banyak hal yang bisa menunjukkan gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Salah satunya adalah tidur dengan perut kenyang,” kata Dr Caudle. 

Dia merekomendasikan makan dalam waktu tiga hingga empat jam sebelum tidur. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa waktu yang singkat antara makan malam dan tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko GERD. 

Untuk menghindarinya, usahakan meninggikan kepala tempat tidur atau menopang kepala dengan bantal panjang jika Anda menderita refluks sebelum tidur. Dapat mencegah lemak perut naik ke kerongkongan.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Kekambuhan Gerd Saat Tidur Malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top