Duduk Terlalu Lama Tingkatkan Risiko Kematian walau Rutin Berolahraga

virprom.com – Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan lebih banyak bukti bahwa duduk berjam-jam tanpa istirahat atau bergerak meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian.

Hal ini berlaku bagi mereka yang melakukan aktivitas kardio atau olahraga lainnya, baik sedang maupun berat.

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak atau duduk dan tidur dalam waktu lama, aktivitas fisik yang tidak mencukupi atau jarang dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius, termasuk penurunan kognitif terkait usia, peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kondisi metabolisme, dan banyak lagi.

Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak negatif dari perilaku duduk (atau menetap) dalam waktu lama dapat mengurangi manfaat aktivitas fisik.

Tidak peduli seberapa sehat gaya hidup dan perilaku sedentary kita, jumlah total waktu yang kita habiskan untuk duduk setiap hari dan jumlah waktu yang kita habiskan untuk duduk merupakan ancaman bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Baca juga: Apakah Duduk Dalam Waktu Lama Meningkatkan Risiko Kanker? Jumlah aktivitas fisik yang diperlukan untuk menggantikan duduk di siang hari

Penulis penelitian menganalisis data dan perilaku 6.489 wanita berusia 60 hingga 90 tahun dari Studi Aktivitas Fisik dan Penyakit Kardiovaskular Wanita (OPACH), menggunakan algoritma baru untuk mengukur total waktu duduk dan lamanya setiap periode duduk.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang duduk selama 11,7 jam sehari atau lebih memiliki risiko kematian 30 persen lebih tinggi.

“Mudah terbakar didefinisikan sebagai perilaku apa pun yang membangkitkan gairah,” kata rekan penulis Steve Nguyen, PhD, MPH, dari Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Umur Manusia Herbert Wertheim di San Diego. Pada konferensi pers.

Makalah tersebut menyimpulkan bahwa “total waktu duduk yang lebih tinggi dan rata-rata waktu duduk dikaitkan dengan risiko kematian dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi pada wanita yang lebih tua.”

Proposal dukungan ini bertujuan untuk mengurangi waktu duduk secara keseluruhan dan mencegah orang duduk dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Cara Hidup Lebih Lama Jika Hampir Seharian Duduk

Bagaimana duduk dalam jangka waktu lama mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan

“Saat kita duduk, aliran darah di tubuh kita menurun, kadar glukosa menurun,” kata Andrea Lacroix, PhD, MPH, seorang profesor di Herbert Wertheim School of Public Health.

“Otot tidak berkontraksi, sehingga segala sesuatu yang membutuhkan oksigen untuk menggerakkan otot berkurang dan detak jantung menurun.”

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa olahraga dalam jumlah tertentu dapat membalikkan atau menghilangkan efek negatif dari olahraga harian dalam jangka panjang.

Namun, menurut makalah Lacroix dan Nguyen, bahkan wanita yang berolahraga dengan intensitas sedang atau berat pun memiliki risiko yang sama jika mereka duduk sepanjang hari.

Baca juga: Jalan Kaki 22 Menit Sehari Bisa Kurangi Dampak Buruk Duduk Seharian Seberapa Sering Sebaiknya Anda Bergerak?

“Risikonya meningkat bila Anda duduk selama 11 jam sehari, begitu pula lamanya Anda duduk dalam satu sesi,” kata Lacroix. Misalnya, duduk lebih dari 30 menit dikaitkan dengan risiko lebih besar dibandingkan duduk hanya 10 menit.

Dia mencatat bahwa bagi kebanyakan orang, bangun dan melakukan peregangan setiap 10 menit adalah tidak realistis atau tidak mungkin.

Karena itu, lakukan apa pun yang Anda temukan di sepanjang jalan. Beristirahat sejenak dari bergerak setiap 30 menit atau setiap 20 menit lebih baik daripada tidak sama sekali.

Sangat bagus jika Anda ingin melakukan peregangan cepat, berjalan di tempat, memegang papan, atau berjalan di lantai kantor (bahkan olahraga tiga menit pun dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa!).

Anda juga harus bangun dan mengalirkan darah ke bagian tubuh lain. “Kalau perlu, tidak perlu kemana-mana, cukup berhenti sebentar,” kata Lacroix.

Baca juga: Hindari Bahaya Duduk Dalam Waktu Lama dengan Cara Sederhana. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top