Mau Bangun Rumah Dua Lantai? Nih Kisaran Biayanya

virprom.com – Berapa biaya membangun rumah dua lantai? Pertanyaan ini telah memasuki benak orang-orang.

Pasalnya, hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat membangun rumah adalah biaya.

Hal ini juga berlaku untuk pembangunan rumah dua lantai yang harganya lebih mahal dibandingkan rumah satu lantai.

Wakil Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Bambang Ekajaya mengatakan, biaya pembangunan rumah satu lantai dengan pembiayaan sesuai standar Kementerian PUPR mulai dari Rp 3,7 juta per meter persegi.

Sedangkan biaya membangun rumah terpisah dengan desain khusus mulai dari Rp 5 juta per meter persegi.

“Kalau rumah (rumah) dua lantai pasti lebih dari Rp 6 juta karena strukturnya berat,” kata Bambang kepada virprom.com, Kamis (20/6/2024).

 

Biaya membangun rumah secara umum masih sangat tinggi di Pulau Jawa. Namun, hal ini tidak penting di lingkungan luar Jawa.

“Masih bagus untuk Pulau Jawa. Kalau di luar Pulau Jawa akan lebih mahal karena finishingnya banyak yang menggunakan Pulau Jawa, dan finishing di luar Pulau Jawa itu mahal,” tuturnya.

Sebelumnya, Davy Sukamta, pakar konstruksi sekaligus anggota Dewan Pembina Himpunan Ahli Industri Konstruksi Indonesia (HAKI), juga angkat bicara soal biaya pembangunan rumah dua lantai.

Biaya membangun rumah dua lantai ini tergantung pada kualitas dan bahan finishing.

“Sekitar Rp 8 juta per meter persegi. Tapi ada kontraktor yang biasa menggarap properti Rp 5-6 juta karena lebih,” jelas Davy kepada virprom.com, Selasa (19/4/2022). .

Baca Juga: Biaya Pembangunan Rumah Dua Lantai Murah Bukan?

Sebagai informasi, pembangunan rumah diawali dengan perbandingan tanah, dilanjutkan dengan persiapan pondasi, struktur atau struktur bangunan, penyangga atap, penutup atap, dan pemasangan dinding.

Setelah proyek selesai, pembangunan rumah memasuki tahap finishing yang berarti perbaikan hal-hal lain seperti pintu, jendela, lantai, listrik, pengecatan dan lain sebagainya. Dengarkan berita terkini dan berita kami dikirimkan langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top