1,5 Juta Lebih Jemaah Menuju Arafah untuk Prosesi Wukuf

Makkah, virprom.com – Lebih dari 1,5 juta jamaah haji akan berada di Arafa Square pada Sabtu (15/6/2024).

Peziarah dari seluruh dunia mendaki bukit berbatu setinggi 70 meter ini sekitar 20 kilometer dari Mekah.

Bahkan, suhu udara di gurun pasir yang diperkirakan mencapai 43 derajat Celcius menjadi tantangan tersendiri bagi jamaah haji.

Baca juga: Saat Jemaah Amerika Berdoa untuk Gencatan Senjata di Gaza agar Gencatan Senjata Segera Tercapai…

“Ibadah haji, yang memerlukan waktu setidaknya lima hari untuk menyelesaikannya dan sebagian besar dilakukan di luar ruangan, tidaklah mudah karena cuacanya sangat panas,” kata Abraham Hawa (26) dari Ghana, menurut AFP.

“Di wilayah kami matahari bersinar, tapi tidak terlalu terik. Tapi di sini saya akan berdoa kepada Tuhan di Arafah karena saya membutuhkan dukungan kalian,” tambahnya.

Pihak berwenang Saudi terus meminta jamaah untuk minum banyak air dan melindungi diri dari sinar matahari. Karena laki-laki dilarang memakai topi, banyak dari mereka yang membawa payung.

Seorang pejabat Saudi mengatakan kepada AFP minggu ini bahwa lebih dari 10.000 penyakit terkait panas tercatat tahun lalu, 10% di antaranya adalah sengatan panas.

Haji, salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, semakin terpengaruh oleh perubahan iklim, menurut sebuah penelitian di Saudi yang mengatakan bahwa suhu di wilayah tersebut akan meningkat sebesar 0,4 derajat Celcius setiap dekade.

Namun Muhammad Farooq, seorang peziarah berusia 60 tahun dari Pakistan, tidak terpengaruh oleh teriknya matahari musim panas di kerajaan Teluk Persia.

Ia menjelaskan: “Ibadah haji sangat penting bagi saya sebagai seorang Muslim.

Baca juga: Perintah Raja Salman Tampung 1.000 Jamaah Haji di Gaza

Setelah meninggalkan Arafat, jamaah akan menuju Muzdalifah dan mengumpulkan kerikil pada Minggu (16/06/2024) di Mena untuk upacara “rajam”. Dengarkan berita terbaru dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top