Pantai Pulau Sentosa Singapura Ditutup karena Ada Tumpahan Minyak

Singapura, virprom.com – Pantai Pulau Sentosa di Singapura ditutup menyusul tumpahan minyak akibat tabrakan dua kapal pada Jumat (14/6/2024).

Menurut South China Morning Post (SCMP), tumpahan minyak tersebut terjadi setelah Vox Maxima berbendera Belanda bertabrakan dengan Marine Honor berbendera Singapura di Terminal Pasir Panjang pada Jumat sore waktu setempat.

Menurut Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA), sebuah kapal Belanda menabrak kapal Singapura, kantor berita AFP melaporkan.

Baca juga: Teroris Serang Polisi Malaysia, Singapura Waspada

Pulau Sentosa adalah tujuan wisata populer dengan kasino, satu-satunya lokasi Universal Studios di Asia Tenggara, dan resor pantai mewah untuk ekspatriat dan orang kaya.

Menurut MPA, tumpahan minyak terlihat di dekat Terminal Pasir Panjang dan pantai Tanjong, Palawan dan Siloso.

Fotografer AFP di lapangan juga melaporkan bahwa residu hitam dari tumpahan minyak terlihat di pantai.

Website Sentosa Island menyebutkan tiga pantai populer akan ditutup mulai Sabtu (15/06/2024) karena kegiatan pembersihan minyak.

SCMP melaporkan Tanjong Beach Club yang dipadati pengunjung pada akhir pekan, telah ditutup.

Tanda lain di papan reklame berbunyi: “Minyak tumpah. Pembersihan sedang berlangsung. Harap menjauhi air.”

Tumpahan minyak juga menyebar ke Sentosa Cove, kawasan pemukiman dengan lebih dari 2.000 rumah. Semua pantai ditutup untuk pembersihan.

Baca Juga: Era Keluarga Perdana Menteri Lee Berakhir di Singapura

MPA kemudian memberi tahu staf berbagai layanan pesisir, termasuk Sentosa Development Corp, yang mengelola pulau tersebut, untuk memantau keberadaan minyak di wilayah mereka.

Pihak berwenang setempat tidak mengatakan berapa banyak minyak yang tumpah, namun tangki kapal kargo yang bertabrakan terkubur dan tumpahan dapat diatasi.

Sebanyak 16 kapal tanggap tumpahan minyak dikerahkan untuk mengatasi masalah tersebut, menyemprotkan tumpahan minyak dan mengumpulkan tumpahan.

Menurut pernyataan dari Knight Frannk Property & Facilities Management atas nama Sentosa Cove Resort Management, anjungan minyak terapung juga digunakan untuk mencegah polusi lebih lanjut.

Baca Juga: Bagaimana Singapura Menjadi Tuan Rumah Konser Taylor Swift di ASEAN? Dengarkan berita dan konten terbaru kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top