Laki-laki Lebih Awet Muda Dibandingkan Perempuan, Benarkah?

virprom.com – Penuaan dini atau penuaan dini bisa terjadi pada siapa saja yang tidak rutin merawat kulitnya dengan baik.

Namun ada anggapan bahwa kulit pria lebih awet dibandingkan wanita karena kandungan kolagennya lebih tinggi. Sungguh?

Nah, skin expert ERHA Ultimate, Pita Matubani Asriri pun menjelaskan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kolagen Kulit Untuk Mencegah Penuaan Benarkah Pria Terlihat Awet Muda?

Pita mengatakan tidak ada perbedaan jumlah kolagen antara pria dan wanita, sehingga anggapan bahwa pria bertahan lebih lama dibandingkan wanita adalah salah.

Selain diproduksi secara alami di dalam tubuh kita, kolagen juga diproduksi melalui makanan dan suplemen yang kita konsumsi setiap hari.

Ditemui di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024), Pita menjelaskan “beberapa makanan dan suplemen yang mengandung vitamin seperti vitamin A, C dan E dapat mendorong pembentukan kolagen.”

Baca Juga: Punya Kulit Coklat? 9 Makanan Terbaik Penambah Kolagen Tubuh Secara Alami Jangan takut bereksperimen dengan warna-warna trendi

Namun pembentukan kolagen tidak bisa terjadi secara instan, melainkan membutuhkan waktu.

“Dari makanan atau suplemen, butuh waktu untuk menghasilkan kolagen,” ujarnya.

Menurut Pita, gaya hidup tentu berperan penting dalam proses degradasi atau perubahan kolagen.

Jadi, faktor utama yang bisa menurunkan jumlah kolagen adalah usia. Seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen otomatis berkurang.

“Namun kembali lagi ke gaya hidup kita. Misalnya pria jarang menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan, hal ini bisa menyebabkan kerutan atau tanda-tanda penuaan dini lainnya,” jelas Pita. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top