Toyota Lawan Jejak Karbon dengan Filter Ajaib

JAKARTA, virprom.com – Toyota lebih berhati-hati dalam transisi ke kendaraan listrik. Di saat banyak pabrikan lain berlomba memproduksi mobil ramah lingkungan, Toyota memilih jalan berbeda.

Toyota tidak hanya fokus pada kendaraan listrik, tetapi juga mengembangkan teknologi ramah lingkungan alternatif. Salah satu yang menarik perhatian adalah pengembangan filter ajaib yang mampu menyedot karbon dioksida dari udara.

Baca juga: Mitsubishi Punya Harapan Besar pada XForce

Dikatakan bahwa teknologi ini bukan sekedar mimpi belaka. Toyota mengujinya pada mobil balap GR Corolla bermesin hidrogen. Hasilnya cukup positif ketika filter tersebut mampu menjadikan mobil “carbon negative” dan bukan sekedar carbon neutral.

Filter ini dipasang di bagian depan mobil dan bekerja seperti penyedot debu berukuran besar. Karbon dioksida yang dihirup kemudian diubah menjadi cairan menggunakan limbah panas mesin.

Dilansir dari Carscops, menariknya di masa depan teknologi ini juga bisa bekerja pada mesin pembakaran dalam biasa, termasuk kendaraan niaga, dan tidak hanya pada mesin yang menggunakan hidrogen.

Namun masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi. Filter ini tidak mampu menangkap karbon dioksida dalam jumlah banyak karena hanya mampu menangkap 20 gram CO2 per 91 km.

Baca juga: Cegah Kecelakaan, Ingat Peran Jalan Tol

Sedangkan mesin berbahan bakar fosil rata-rata mengeluarkan 8.887 gram karbon dioksida per galon atau 3,7 liter.

Selain itu, filter ini juga membutuhkan ruang yang besar untuk menyedot karbon dioksida lebih banyak. Tapi mungkin akan sulit untuk dimasukkan ke dalam mobil penumpang.

Meski masih terdapat kekurangan, namun teknologi ini memiliki potensi besar dalam mengurangi emisi karbon dan memerangi perubahan iklim. Oleh karena itu, Toyota disebut akan terus mengembangkannya agar lebih efisien. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top