Begini Cara Mematikan Mesin Mobil Matik yang Benar

SOLO, virprom.com – Mematikan mesin mobil setelah digunakan tentu saja mudah, yaitu dengan memutar kunci kontak ke posisi mati mesin.

Namun, bukan hanya soal mematikan mesin mobil dan memutar kunci kontak ke posisi off, tapi juga soal hal penting lainnya.

Khusus untuk mobil bertransmisi otomatis, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat mematikan mesin mobil.

Baca juga: Cara Cek Izin Kesesuaian Bus Melalui Aplikasi

Ivan, Pemilik Klinik Mobil Honda Iwan Motor, mengatakan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mematikan mesin matic mobil Anda.

“Pertama, pastikan mobil benar-benar berhenti setelah dilakukan pengereman,” kata Ivan kepada virprom.com, Senin (13/5/2024).

Kemudian pindahkan tuas transmisi otomatis ke posisi P dan tarik atau aktifkan rem tangan. Setelah itu pastikan sistem kelistrikan dalam keadaan mati sebelum mematikan mesin.

Baca juga: Bus AKP dan AKDP Sering Mengalami Kecelakaan

AC harus dimatikan, sebaiknya semua peralatan listrik dimatikan untuk mengurangi beban aki saat pertama kali dihidupkan, kata Ivan.

Setelah semua sistem kelistrikan terputus, mesin matic mobil bisa dimatikan.

Terakhir, matikan mesin dengan menekan tombol start atau kunci kontak ke posisi off dan melepas kunci kontak, kata Ivan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top