Berapa Lama Waktu Pemberian ASI pada Bayi Baru Lahir?

virprom.com – Ibu perlu mengetahui berapa lama sebaiknya menyusui agar bayi baru lahirnya merasa kenyang dan tumbuh optimal.

Mengetahui berapa lama menyusui juga membantu mencegah bayi bersendawa, gumoh, atau muntah, mengingat kapasitas lambung yang terbatas.

Nah, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui berapa lama waktu menyusui bayi baru lahir dan tanda-tanda si Kecil kenyang.

Baca juga: Bagaimana Jika Bayi Tidak Mau Menyusui? Ini penjelasannya, Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyusui bayi baru lahir?

Bayi baru lahir harus menerima ASI sejak dini dan dini.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), meski tidak memerlukan jadwal ketat, bayi sebaiknya disusui minimal dua jam sekali atau saat menunjukkan tanda-tanda lapar.

Bayi baru lahir harus diberi makan 8 sampai 12 kali setiap 24 jam. Menyusui bayi baru lahir biasanya 10 hingga 15 menit.

Namun durasi tersebut bisa berbeda-beda karena berbagai faktor yang mempengaruhinya, seperti seberapa cepat ASI beredar atau lambatnya penyerapan oleh bayi.

Setiap payudara harus disusui dari satu payudara ke payudara lainnya.

Pada minggu-minggu pertama setelah lahir, jika ia tidak disusui selama 4 jam, sebaiknya bangunkan ia dengan ASI.

Hal ini merangsang kelenjar susu ibu untuk memproduksi ASI lebih banyak. Setelah itu, bayi akan memiliki jadwal yang teratur.

ASI lebih mudah dicerna dibandingkan susu formula, dan bayi yang diberi ASI tampaknya minum lebih banyak dibandingkan bayi yang diberi susu formula.

Baca juga: Apa Kandungan ASI? Berikut penjelasannya.. Apa saja tanda-tanda bayi cukup bulan?

Menurut Verywell Family Report, berikut tanda-tanda bayi kenyang setelah menyusu: Bayi memperlambat menyusunya Bayi melepaskan puting susu dan menjauh dari payudara ibu Anak menolak ASI Bayi tertidur Saat bayi dia selesai menyusu, bayi membuka. lengan Anda dan terlihat lebih rileks Bayi Bayi gumoh 1-2 sendok teh setelah menyusui karena asam lambung meningkat setelah minum susu bubuk.

Orang tua juga harus memantau berat badan bayi dan memastikan anak menerima ASI sesuai kebutuhan. Pilih berita dan pembaruan langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita virprom.com favorit Anda, saluran WhatsApp: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top