Merger XL Axiata dan Smartfren Kian Menguat, Seberapa Besar Entitas Barunya?

virprom.com – Sinyal merger atau merger bisnis antara dua operator seluler Indonesia yaitu XL Accita dan Smartphone semakin kuat.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Accita Group Berhad dan PT Sina pada Rabu (15/05/2024) untuk menyetujui merger XL Accita dan SmartFren.

Saat ini Accita Group Berhad menjadi pemegang saham mayoritas XL Accita Sedangkan Ciner Mas merupakan induk perusahaan Smartphone

Sebelumnya sempat beredar rumor merger antara XL Accita dan smartphone 2021 ini.

Dengan demikian, barulah pada Mei 2024 XL dan Smartphone resmi menandatangani perjanjian merger yang tidak mengikat. Artinya, merger bisa saja maju atau mungkin gagal di tengah jalan

Jika merger terjadi, XL Accita dan Smartphone tetap harus mendapat persetujuan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo).

Baca Juga: Merger XL dan SmartFren, Accita-Cinaar Mas, Lahirnya Entitas Baru MergeCo Sepakat Lahirnya Entitas Baru “MergeCo”.

Dalam keterangan yang diterima Kompas Techno, Rabu (15/5/2025), merger XL Accita-Smartfren akan menciptakan entitas baru bernama “Merco”, di mana Accita dan SynerMass akan menjadi pemegang saham pengendali entitas baru tersebut.

Namun proses penggabungan kedua operator seluler tersebut masih dalam tahap evaluasi awal dan belum ada kesepakatan atau transaksi yang mengikat.

Keabsahan permasalahan pemegang saham, uji tuntas, penyusunan rencana bisnis dan syarat-syarat lain dalam perjanjian masih belum diketahui dan masih dalam proses negosiasi.

Jika merger rampung, infrastruktur base transceiver station (BTS), pita frekuensi, dan basis pelanggan bisnis XL Accita dan SmartFren akan digabungkan. Apa yang menjadi “kekuatan” entitas baru dengan menggabungkan kedua operator ini? Nomor gabungan BTS

Dari sisi infrastruktur, XL Axiata terus membangun jaringannya pada tiga bulan pertama tahun 2024, dilansir Antara News. Dengan demikian, jumlah BTS XL Accita meningkat 9,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya hingga mencapai total 163.124 unit pada akhir tahun 2023.

104.993 di antaranya adalah BTS 4G Kemudian, 61 persen dari total BTS XL Accita (sekitar 99.505 BTS) terkoneksi dengan jaringan fiber optic (FO) sepanjang 159.000 km.

Menghubungkan BTS ke jaringan FO meningkatkan kualitas jaringan dibandingkan dengan menggunakan infrastruktur gelombang mikro yang peka terhadap cuaca

Sementara itu, SmartFran dilaporkan telah mengerahkan 46.022 BTS di 288 kota di Indonesia hingga Semester I-2023, lapor Kantan. Smartphone memiliki jaringan FO sekitar 20.000 km

Oleh karena itu, jika digabung, XL-Axiata dan Smartfren akan memiliki gabungan BTS minimal 209.146 BTS dan jaringan fiber optik hingga 179.000 km di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top