Di Mana Harus Menyimpan Parfum agar Wanginya Awet?

JAKARTA, virprom.com – Sebotol parfum akan habis masa berlakunya dalam beberapa bulan. Namun jika parfumnya lebih dari satu, masa kadaluarsanya akan lebih lama. Tak heran, penyimpanannya harus diperhatikan agar wanginya awet dan tahan lama.

Sayangnya, hanya sedikit botol parfum yang memiliki petunjuk penyimpanan. Tentu saja perawatan terhadap parfum mempengaruhi kualitas wewangiannya. Depresi bisa dialami

Dikutip dari Real Simple, Kamis (16/5/2024), parfum akan luntur saat kotaknya dibuka. Kemunduran wewangian mengacu pada lemahnya wangi parfum.

Meskipun kotak parfum bersifat dekoratif, namun memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga parfum dari cahaya.

Dengan kata lain, kotak mencegah parfum masuk ke dalam botol dan menjaga udara tetap masuk. Bahkan di dalam wadahnya, parfum tetap terlindungi dari paparan oksigen.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan dan Menyimpan Parfum Lebih Lama Cara menyimpan parfum

Eduardo Valadez dari perusahaan parfum Diptyque mengatakan cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menyimpan parfum di tempat yang gelap, sejuk, dan kering.

Menurutnya, cara ini melindungi parfum dari tiga faktor degradasi utama yaitu panas, cahaya, dan kelembapan.

“Jendela yang terkena sinar matahari, lemari atau lantai dekat pemanas akan lebih cepat menurunkan kualitas parfum dibandingkan menyimpannya di tempat yang gelap dan dingin,” kata Kristen Shirley sebagai Profesional di New York, Amerika Serikat.

Untuk memperpanjang umur parfum, sebaiknya segera tutup botol setelah digunakan untuk mengurangi paparan udara.

Saat ini, tempat terburuk untuk menyimpan parfum adalah kamar mandi. Sebab, suhu mandi orang berbeda-beda. Tingkat kelembapannya juga tinggi. Bolehkah saya menaruhnya di lemari es?

Valadez dan Shirley merekomendasikan untuk menyimpan botol parfum di lemari es. Karena lemari es menjaga suhu tetap konstan.

Perangkat elektronik ini juga menjauhkan parfum dari cahaya dan panas sehingga menyimpan parfum di lemari es adalah cara terbaik untuk mencegah oksidasi atau degradasi kimia.

Di daerah lembab atau panas, minyak dan wewangian pada parfum mulai terurai. Jika alkohol dan air di dalamnya menguap, yang tersisa hanyalah endapannya.

Jika ya, apakah lebih baik menyimpan parfum di lemari es?

“Ada banyak perdebatan mengenai topik ini. Apakah ini melindungi parfum? Itu benar. Tapi, apakah perlu? Tidak,” kata Valadez.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top