Menko Polhukam Perintahkan Kompolnas Awasi Kasus Pembunuhan Vina dan Eky

JAKARTA, virprom.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto meminta Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memantau pembunuhan remaja Vina Devi (16), Muhammad Rizki (16) atau Eki. di Sirebon, Jawa Barat.

Soal kasus Wina, saya minta Kompolnas turun ke lapangan dan kemarin dia berangkat, kata Hadi dalam konferensi pers di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta Pusat, Jumat (21/6/2024). .

Hadi juga meminta Kompolnas mengawal persidangan Pegi Setiawang, tersangka terakhir pembunuhan Vina dan Eki yang ditetapkan polisi.

ā€œSaya ingin terus mengontrol Kompolnas mulai dari gelar (perkara) hingga sidang pendahuluan dan persidangan,ā€ kata Hadi.

Baca juga: Kuasa Hukum Ungkap Status Terkini Tersangka Pegi Setiawan dalam Kasus Vinai

Saya yakin Kompolnas Hadi akan bertindak sesuai tugasnya sebagai Kapolri.

Setelah tersangka terakhir kasus Pegi Setiawan dilimpahkan ke kejaksaan, kasus pembunuhan Vina dan Eki memasuki babak baru.

Pada 27 Agustus 2016, Vina dan pacarnya Eki dibunuh oleh geng motor. Tak hanya membunuh, pelaku juga memperkosa Vina.

Awalnya Vina dan Eki diduga tewas dalam satu kecelakaan. Namun penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa keduanya dibunuh.

Polisi kemudian menetapkan 11 tersangka. Delapan pelaku diadili dan tiga orang dinyatakan buron.

Baca juga: Jokowi Tolak Permohonan Amnesti 7 Terpidana Kasus Vinay, Ini Jawaban Menkum HAM.

Sembilan tahun kemudian, polisi menetapkan Peggy Peron sebagai tersangka terakhir.

Polisi kemudian merevisi jumlah tersangka menjadi sembilan dan menyebut dua tersangka lainnya adalah fiktif.

Di sisi lain, pihak Pe mengajukan laporan sementara. Peggy akan menjalani sidang perdana status tersangka pada Senin (24/6/2024).

Komisi Yudisial (KY) akan membentuk tim pemantau untuk memantau perkembangan sidang pendahuluan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top