Tips Hidup Panjang Umur dengan Jalan Kaki 8.000 Langkah

virprom.com – Jalan kaki merupakan salah satu olahraga sederhana yang sangat bermanfaat bagi otak dan tubuh.

Selama beberapa dekade, para ahli menargetkan 10.000 langkah sehari untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jalan kaki, seperti yang tercantum dalam Eating Well.

Baca juga: Jalan kaki setelah makan bisa menurunkan gula darah? 

Namun studi baru yang dipublikasikan di JAMA Network Open pada 28 Maret 2023 menunjukkan manfaat berjalan kaki kurang dari 10.000 langkah per hari, khususnya 8.000 langkah per minggu.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan antara lain menstabilkan kadar gula darah, meningkatkan mood, mengurangi risiko demensia dan masih banyak lagi, yang semuanya pada akhirnya berkontribusi pada potensi untuk hidup lebih lama.

Lanjutkan membaca artikel ini yang mengulas penelitian tentang manfaat jalan kaki 8.000 langkah sehari untuk umur panjang.

Baca juga: 6 Minuman Kaya Antioksidan Terbaik Bisa Jadi Resep Panjang Umur. Apa isi penelitian tersebut?

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa berjalan kaki 8.000 langkah 1-2 hari seminggu mengurangi risiko kematian sebesar 14,9 persen selama 10 tahun ke depan.

Risiko kematian sedikit berkurang jika jalan kaki dilakukan lebih rutin (setiap 3-7 hari dalam seminggu).

Berjalan 8.000 langkah 3-7 hari per minggu dikaitkan dengan risiko kematian 16,5% lebih rendah.

Baca juga: Manfaat jalan kaki untuk tulang pada anak dan lansia 

Manfaat jalan kaki 8.000 langkah dicapai dengan menempuh jarak 4 mil (6,4 km) per hari. Dengan kata lain: berjalan 100 langkah per menit, berjalan dengan kecepatan 3 mph atau setara dengan 4,8 km/jam

Menurut Kosuke Inoue, peneliti penelitian ini, 8.000 langkah dengan kecepatan 3 mph (4,8 km/jam) akan memakan waktu sekitar 80 menit jika dilakukan dengan kecepatan cepat.

Inoue mengatakan kita mendapatkan manfaat kesehatan dan umur panjang yang sama setelah beberapa kali berjalan cepat.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Gula Agar Panjang Umur Mengapa Jalan Kaki Meningkatkan Peluang Hidup Lebih Lama?

Secara medis, jalan kaki bermanfaat bagi kesehatan, karena jalan kaki merupakan salah satu bentuk aktivitas aerobik paling dasar yang disebut juga kardio.

Saat Anda melakukan kardio, detak jantung dan pernapasan Anda meningkat untuk mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke organ dan otot Anda.

Kardio ada tingkatnya dan jalan kaki ada tingkatnya rendah.

Namun, tingkat kardio yang rendah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain: Mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan hipertensi Menurunkan gula darah dan tekanan darah Meningkatkan metabolisme Meningkatkan tidur dan keseimbangan Memperkuat tulang dan otot Meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif (mental) meredakan kecemasan , meningkatkan mood, membantu pengelolaan berat badan

Namun manfaat jalan kaki antara lain mengurangi risiko kematian dini atau meningkatkan peluang hidup lebih lama.

Jadi berjalan 8.000 langkah bisa memberikan manfaat bagi kita dalam hidup. Apakah Anda ingin mencoba tips ini?

Baca juga: Apakah Tidur Mempengaruhi Umur Panjang? Berikut penjelasannya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top