Teknik Mengelola Emosi Negatif Saat Berkendara

Jakarta, virprom.com – Saat berkendara, pikiran masyarakat cenderung menghindar atau disibukkan dengan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari permasalahan di rumah hingga stres akibat pekerjaan.

Beban-beban tersebut dapat terus menghantui pikiran pengemudi sehingga mempengaruhi konsentrasi dan suasana hatinya di jalan. Stres dari berbagai arah dapat dengan mudah memicu emosi, terutama saat menghadapi situasi lalu lintas yang tidak terduga.

Suara keras dari pengemudi lain, kemacetan panjang, atau pengemudi yang lalai di jalan dapat menimbulkan perasaan negatif yang dapat mengganggu konsentrasi dan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Diskon Kendaraan Listrik Agustus 2024 Wuling BinguoEV Capai Rp 75 Juta

Menyadari pentingnya menjaga pengendalian emosi, psikolog klinis PacHealth Anna Surti-Ariani menekankan bahwa saat berkendara, semua pengemudi harus memusatkan pikiran pada perjalanan.

“Mengelola emosi negatif saat berkendara sangat penting bagi seluruh pengemudi untuk menjaga keselamatan di jalan raya,” kata Anna kepada virprom.com, Senin (19/8/2024).

Menurut Anna, banyak teknik yang bisa dilakukan pengemudi untuk mengatasi emosi negatif saat berkendara.

“Teknik seperti menarik napas dalam-dalam, memperlambat kendaraan, dan berhenti sejenak di tempat yang aman dapat membantu menenangkan pikiran, jika Anda sedang berada di kota di Indomaret atau pertokoan, istirahat sejenak sampai pengemudi kembali ke netralitas dan dapat kembali mengemudi dengan aman dan dengan tekad yang lebih besar.”

Baca Juga: Diskon Toyota Rush LSUV Agustus 2024 Capai Rp 31 Jutaan

Pada kenyataannya, emosi negatif tidak dapat dihindari, namun dengan langkah sederhana seperti yang direkomendasikan, pengemudi dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh emosi tersebut dan menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di jalan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top