Magnesium Berguna untuk Apa? Berikut 10 Daftarnya

virprom.com – Tubuh manusia secara alami memproduksi magnesium pada tulang dan jaringan lunak. Magnesium juga bisa didapat dari suplemen makanan dan obat-obatan. Jadi apa manfaat magnesium?

Magnesium bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah, mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat magnesium dan makanan yang bisa Anda konsumsi.

Baca juga: Benarkah Magnesium Bisa Bantu Hilangkan Kecemasan? Berikut penjelasannya: Apa manfaat magnesium?

Dalam laporan Healthline, ada manfaat magnesium yang sayang untuk dilewatkan: Mendukung kekuatan tulang, mencegah pengeroposan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis, seperti migrain, sakit perut dan kelelahan serta menurunkan kualitas tidur, meningkatkan kecemasan, depresi, meningkatkan mood dan mengelola stres, mencegah seringnya mual, muntah dan kepekaan terhadap cahaya, serta mengurangi peradangan pada tubuh sehingga beresiko, dapat mengurangi unsur tersebut. Mengontrol gula darah untuk penyakit jantung dengan meningkatkan sensitivitas hormon insulin Mempercepat pemulihan setelah berolahraga dan menjaga kebugaran Mendukung fungsi sistem saraf.

Perlu diketahui bahwa kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan kondisi yang disebut hipomagnesemia.

Menurut Medical News Today, gejala kekurangan magnesium bisa berupa mual, muntah, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, kelelahan, nyeri otot, mati rasa, dan detak jantung tidak teratur.

Kekurangan magnesium juga mempengaruhi respon imun tubuh sehingga lebih rentan terhadap virus atau patogen penyebab penyakit. 

Baca juga: 4 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium

  Makanan apa yang kaya magnesium?

Jumlah magnesium yang dibutuhkan setiap orang mungkin berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan status kesehatan.

Menurut National Institutes of Health (NIH), kebutuhan magnesium harian untuk orang dewasa adalah: Pria 19-30: 400 mg Wanita 19-30: 310 mg Pria 31 tahun ke atas: 420 mg Wanita 31 tahun ke atas: 320 mg

Meski tubuh bisa memproduksi magnesium secara alami, Anda juga bisa meningkatkan jumlah mineral ini dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Berikut makanan kaya magnesium yang bisa Anda konsumsi: Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis, kangkung, dan sawi, termasuk biji rami, biji chia, dan coklat labu. Pisang, anggur dan alpukat Kedelai, tahu, tempe Daging sapi dan ayam Ikan tanpa lemak, termasuk salmon, mackerel, dan tuna Biji-bijian utuh

Orang yang kekurangan magnesium atau menderita kondisi tertentu mungkin perlu mengonsumsi suplemen magnesium. Namun, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis suplemen magnesium yang tepat.  

Baca Juga: 7 Gejala Kekurangan Magnesium yang Wajib Diperhatikan Untuk berita terhangat dan pilihan kami langsung ke ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top