8 Jenis Teh Ini Baik Diminum Sebelum Tidur, Apa Saja?

virprom.com-Tubuh membutuhkan tidur untuk mengatur fungsi metabolisme, termasuk sistem kompleks yang mengatur kesehatan jantung, kekebalan tubuh, keseimbangan hormonal, dan fungsi otak.

Orang yang kurang tidur secara kronis lebih rentan terhadap ketidakseimbangan glukosa darah dan kolesterol, penambahan berat badan, cedera, dan gangguan mood.

Minum teh sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran sehingga tidur lebih nyenyak.

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Minum Teh Setelah Makan? Berikut 4 alasan mengapa teh hijau dan minuman herbal tertentu mengandung asam amino, senyawa aromatik, dan flavonoid yang bekerja dengan cara berbeda untuk mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan relaksasi.

Kedelapan jenis teh ini baik diminum sebelum tidur

1. Teh kamomil

Teh kamomil bisa menjadi pilihan populer untuk menenangkan saraf. Chamomile mengandung senyawa aromatik seperti apigenin, chamazulene, bisabolol dan farnesene yang dapat meningkatkan ketenangan dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Teh akar valerian Akar valerian telah digunakan untuk mengobati gangguan tidur sejak Abad Pertengahan. Teh Valerian dibuat dengan merendam akar valerian kering dalam air panas, melepaskan senyawa aktifnya.

Teh valerian dikaitkan dengan peningkatan pelepasan serotonin, yang memiliki efek sedatif atau menenangkan.

Valerian juga dapat mengurangi kecemasan dengan mengaktifkan adenosin, zat kimia dalam tubuh yang mengatur suasana hati dan kecemasan.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Kombucha? Berikut penjelasannya…

3. Teh lavendel. Komponen utama lavender yang mendorong aroma manisnya, yaitu linalool dan linalyl asetat, dapat membantu mempersiapkan Anda untuk tidur malam yang nyenyak.

Komponen ini memblokir reseptor otak tertentu yang meningkatkan kegembiraan (kecemasan) dan meningkatkan area di sistem saraf yang membantu relaksasi.

4. Teh bunga gairah Penelitian menunjukkan bahwa bunga gairah dapat mengurangi stres dan kecemasan serta membantu mengatasi insomnia.

5. Teh ginkgo biloba Daun ginkgo biloba yang direndam selama 10-15 menit memiliki rasa yang enak dan potensi antioksidan sedang hingga tinggi.

Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsentrasi flavonoid dan terpenoid, senyawa yang meningkatkan kesehatan.

6. Teh Ginseng Ginseng mengandung adaptogen, senyawa yang diketahui membuat seseorang tetap tenang dan fokus. Senyawa utama dalam ginseng, gensinosides, dapat mengatur stres lebih baik dibandingkan adaptogen lain yang diketahui. Efektivitasnya dalam mengelola stres telah dibuktikan dalam berbagai percobaan pada manusia.

7. Teh Hijau Teh hijau mengandung beragam senyawa, termasuk flavonoid dan asam amino yang membantu mengelola stres dan dapat mendukung tidur nyenyak.

Salah satu asam amino tersebut adalah L-theanine, yang banyak ditemukan di teh hijau. L-theanine mempengaruhi kimia otak untuk meningkatkan relaksasi, fokus dan tidur yang lebih baik. Hal ini membantu menjaga tingkat stimulasi yang tepat untuk siklus tidur-bangun yang sehat.

8. Teh Rooibos Rooibos merupakan infus herbal kaya akan flavonoid yang berasal dari batang dan daun tanaman Aspalathus linearis.

Secara tradisional digunakan untuk mengurangi kecemasan, ketegangan dan insomnia. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top