5 Faktor Utama Gaya Hidup Sehat untuk Panjang Umur

virprom.com – Gaya hidup yang kita jalani dapat mempengaruhi peluang kita untuk berumur panjang.

Banyak orang mungkin berharap bisa berumur panjang agar bisa mendapatkan banyak pengalaman dan waktu berkualitas bersama orang-orang tercinta.

Namun, jika kesehatan kita buruk karena banyak penyakit, maka kita akan sulit untuk berumur panjang.

Para peneliti dari Universitas Harvard, mengutip Harvard School of Public Health, mengamati beberapa faktor gaya hidup yang dapat meningkatkan peluang kita untuk panjang umur dan sehat.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mempelajari faktor gaya hidup apa yang berkontribusi terhadap umur panjang.

Baca juga: Rempah-rempah yang Meningkatkan Peluang Panjang Umur Berbagai Faktor Pola Hidup Sehat.

Peneliti Universitas Harvard menggunakan data dari Nurses’ Health Study dan Health Professionals Follow-Up Study, yang diikuti selama 34 tahun.

Mereka mengidentifikasi lima faktor gaya hidup yang memiliki risiko kematian rendah, yaitu pola makan sehat dan olahraga teratur (aktivitas sedang hingga berat minimal 30 menit setiap hari).

Kemudian, menjaga berat badan yang sehat (sesuai dengan indeks massa tubuh 18,5-24,9), tidak merokok, dan konsumsi alkohol dalam jumlah sedang (tidak lebih dari 1 gelas sehari untuk wanita dan tidak lebih dari 2 gelas sehari untuk pria. laki-laki).

Baca Juga: 7 Hal Yang Harus Dihindari Agar Panjang Umur

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengikuti lima faktor gaya hidup ini hidup hingga 14 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak mengikuti salah satu faktor gaya hidup tersebut.

Dalam studi lanjutan, para peneliti menemukan bahwa faktor gaya hidup ini berkontribusi tidak hanya pada umur yang lebih panjang, namun juga pada kehidupan yang lebih sehat.

Para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 50 tahun yang mempraktikkan empat atau lima kebiasaan sehat yang tercantum di atas hidup hampir 34 tahun lebih lama tanpa diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker.

Baca juga: 6 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari agar hidup lebih lama

Bandingkan dengan wanita yang tidak melakukan kebiasaan sehat ini selama lebih dari 24 tahun.

Pria yang menerapkan empat atau lima kebiasaan sehat pada usia 50 tahun hidup bebas penyakit kronis selama hampir 31 tahun, dibandingkan dengan pria berusia 24 tahun yang tidak memiliki faktor gaya hidup sehat tersebut.

Saat ini, perokok berat serta pria dan wanita yang mengalami obesitas memiliki angka harapan hidup bebas penyakit terendah.

Baca juga: Jenis Makanan yang Akan Meningkatkan Peluang Panjang Umur

Berikut penjelasan lima faktor kunci gaya hidup sehat yang akan meningkatkan peluang Anda untuk berumur panjang, menurut penelitian Universitas Harvard:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top