Menkes: Cek Kesehatan Rutin Agar Panjang Umur

virprom.com-Menteri Kesehatan Budhi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.

Tujuannya adalah untuk mengetahui riwayat kesehatan pribadi Anda sehingga jika suatu masalah kesehatan teridentifikasi, dapat dideteksi sejak dini dan segera diobati.

Menteri Kesehatan Budhi dalam keterangan yang diterima, Sabtu (20/7/2024) mengatakan, “Jaga kesehatan tubuh, jangan sampai sakit.”

Baca Juga: Menkes: Jangan Panik Jika Kanker Terdeteksi Sejak Dini

Menurut Budi, penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, dan kanker masih menjadi penyebab kesakitan dan kematian yang dominan di Indonesia. Penyakit ini merupakan penyakit kronis yang berlangsung lama dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Katanya: “Seandainya terdeteksi 5 tahun yang lalu, bisa dicegah sejak awal, maka dia tidak akan terkena stroke, tidak akan meninggal, dan hidup lebih lama.

Tindakan pemeriksaan kesehatan dasar untuk mencegah penyakit ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Jika hasilnya salah, segera berobat ke pusat kesehatan masyarakat.

“Kalau melebihi norma jangan panik, segera datang ke Puskemus, akan diberikan obat gratis, gratis banget,” kata Budhi.

Baca Juga: Menkes: Obat penawar dari Singapura bisa bantu pengobatan gagal ginjal akut pada anak

Lingkar perut atau indeks massa tubuh (BMI) adalah tes lain yang perlu diperiksa. Batas aman lingkar pinggang bagi pria adalah 90 cm dan bagi wanita 80 cm.

Apabila melebihi batas tersebut, maka harus segera dikendalikan. Sebab lemak perut berlebih bisa memicu masalah kesehatan serius seperti serangan jantung.

“Bisa dilihat dari ukuran celananya, kalau di atas 34 tahun sudah mengalami obesitas, kalau di umur 31-32 tahun masih bagus,” kata Menkes.

Menteri Kesehatan Budi juga mengatakan, masyarakat sehat berkaitan dengan visi Indonesia maju pada tahun 2045.

Saat itu Indonesia termasuk negara maju dengan pendapatan per kapita 15 juta per bulan. Agar impian tersebut menjadi kenyataan, seluruh masyarakat harus sehat.

“Kalau Indonesia mau maju, masyarakatnya harus sehat. Kesehatan harus dijaga agar tidak mudah sakit, seiring bertambahnya usia harus dilakukan 4 kali pengukuran di Puskesmas minimal setahun sekali. Bisa sekali dalam setahun. 6 bulan “Kalau dipertahankan, Insya Allah usianya bisa mencapai rata-rata angka harapan hidup di Indonesia, mungkin lebih,” ujarnya.

 

  Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top