Produk Sabun dan Sampo Bayi 2 in 1 atau Terpisah, Mana yang Lebih Baik?

 

JAKARTA, virprom.com – Sabun dan sampo merupakan produk wajib dalam perawatan bayi dan anak. 

Sabun dan sampo tidak hanya menghilangkan kuman dan bakteri, tetapi juga menutrisi kulit dan rambut dengan kelembapan.

Namun, seringkali Anda menemukan produk 2-in-1 di pasaran yang dapat digunakan baik sebagai sabun maupun sampo anak. Di sisi lain, ada juga produk sabun dan sampo yang dijual terpisah.

Manakah dari kedua jenis produk berikut yang lebih baik untuk bayi?

Menanggapi hal ini, Pielmoist Dr. Pengembangan Produk Julia Lestari mengungkapkan, penggunaan sabun dan sampo 2-in-1 tidak menjadi masalah bagi seorang anak, asalkan tidak mengandung bahan berbahaya. 

“Itu karena kali ini lebih ringkas.” “Tapi selama produknya tidak mengandung SLS dan SLES, tidak ada masalah jika digabungkan,” kata dr Julia kepada virprom.com saat ditemui di Menara Kompas, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Orang tua harus mengetahui bahan berbahaya apa saja yang tidak boleh dimasukkan dalam perawatan kulit anak

Namun, Dr. Julia juga menyebutkan sabun dan sampo memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Begitu pula kulit dan bulu tubuh bayi memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, bahan sabun harus dirancang khusus untuk menutrisi kulit. Sedangkan sampo sebaiknya mengandung bahan-bahan yang fokus menutrisi rambut. 

“Sabun mandi biasanya fokus pada melembabkan kulit,” kata dr Julia.

Sedangkan produk perawatan rambut pastinya mengandung bahan-bahan khusus yang melembutkan dan menumbuhkan rambut, bahkan ada juga yang menghitamkan rambut. 

Itu sebabnya Dr. Julia menyarankan untuk memisahkan kedua produk ini agar masing-masing bekerja maksimal dan memenuhi kebutuhan kulit dan rambut bayi Anda. 

“Saya sarankan sebaiknya dipisahkan, khusus untuk sabun dan khusus sampo, karena tujuannya juga berbeda,” ujarnya. 

Baca juga: Apakah Anda memiliki kulit bayi yang sensitif? Pilih produk perawatan kulit. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top