8 Cara Melatih Fokus untuk Orang Dewasa, Cobalah Praktikkan

virprom.com – Ada berbagai cara melatih konsentrasi untuk orang dewasa yang bisa dilakukan. Hal ini mencakup elemen teknis, seperti mendedikasikan waktu tertentu untuk fokus pada suatu tujuan, meningkatkan aspek lain, seperti cukup tidur dan berolahraga.

Jika Anda sulit berkonsentrasi, ketahuilah bahwa ada beberapa penyebabnya.

Menurut laporan dari Harvard Medical School, hal ini mencakup kondisi kesehatan seperti depresi dan gangguan tidur, penggunaan narkoba, konsumsi alkohol berlebihan, atau informasi berlebihan yang merangsang otak, di mana informasi membebani sistem yang menyaring informasi dari otak dan perhatian kita menjadi mudah teralihkan.

Kita dapat mempraktikkan berbagai cara melatih konsentrasi orang dewasa. Berikut gambaran singkatnya.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Kita Harus Tetap Fokus dan Disiplin Cara Melatih Fokus Saat Dewasa 1. Melatih Mindfulness

Melatih perhatian memungkinkan kita untuk fokus pada momen saat ini. 

Menurut neuropsikolog di Brigham and Women’s Hospital, praktik ini terbukti membantu memperbaiki fungsi otak sehingga konsentrasi kita dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih kuat.

Cobalah duduk selama beberapa menit setiap hari dan pejamkan mata, lalu cobalah fokus pada pernapasan, suara, dan sensasi di sekitar Anda.

Baca juga: 6 cara sederhana melatih mindfulness pada usia berapa pun 2. Pelatihan kognitif

Permainan pelatihan kognitif terkomputerisasi bertujuan untuk meningkatkan waktu respons dan rentang perhatian kita.

Menurut Willment, tujuan dari permainan ini bukanlah untuk menjadi lebih baik dalam permainannya, tetapi untuk menjadi lebih baik dalam aktivitas kognitif kehidupan sehari-hari.

Namun, terdapat bukti bahwa kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi pada sesuatu dapat ditingkatkan dengan mendorongnya secara bertahap menuju tingkat kinerja yang lebih tinggi. 

“Jadi, jika Anda telah mencapai tingkat perhatian berkelanjutan tertentu, mendorongnya ke tingkat berikutnya dapat membantu meningkatkan fokus Anda, dan hal ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ada beberapa permainan yang bisa membantu Anda fokus, antara lain sudoku, puzzle, catur, pencarian kata, dan permainan memori. 3. Habiskan waktu di alam

Untuk meningkatkan fokus kita, tentunya kita bisa mencoba membiasakan diri untuk keluar rumah, atau bahkan sekadar berjalan-jalan di sekitar lingkungan, seperti dilansir Healthline.

Jika tak punya banyak waktu, Anda juga bisa sekadar duduk-duduk di taman di rumah. Segala sesuatu di luar bermanfaat.

Menurut American Psychological Association (APA), menghabiskan waktu di alam dapat memberikan efek positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Baca juga: Jalan-jalan efektif hilangkan stres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top