Untuk Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Berapa Jauh Harus Jalan Kaki?

virprom.com – Penyakit jantung merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia dan menjadi penyebab kematian utama. Di antara berbagai bentuk penyakit jantung, gagal jantung adalah yang paling umum terjadi.

Mayo Clinic menjelaskan bahwa gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah secara efisien. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi seperti penumpukan cairan di paru-paru dan sesak napas, yang mungkin coba ditangani oleh dokter dengan meresepkan penurunan berat badan, mengurangi asupan natrium, dll.

Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Buffalo, pendekatan lain, terutama bagi wanita di atas 60 tahun yang ingin mengurangi risiko serangan jantung, adalah jalan kaki santai. 

Tim peneliti, bersama dengan peneliti dari institusi terkemuka seperti Stanford, Universitas Brown dan Universitas California, San Diego, menemukan bahwa jumlah langkah harian yang diperlukan untuk mengurangi risiko serangan jantung mungkin jauh lebih sedikit dibandingkan 10.000 langkah yang direkomendasikan secara luas. tangga

Baca Juga: Manfaat Jalan Kaki 5000 Langkah Setiap Hari

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology edisi Februari 2024 menunjukkan bahwa jumlah langkah harian yang mudah dilakukan dapat meningkatkan kesehatan jantung pada wanita lanjut usia.

Penelitian ini berfokus pada 6.000 wanita Amerika berusia antara 63 dan 99 tahun. Untuk mengukur tingkat aktivitas harian mereka, setiap peserta dilengkapi dengan akselerometer pinggul (yang mengukur kecepatan gerakan) hingga satu minggu.

Rata-rata, para wanita ini melakukan sekitar 3.600 jalan kaki per hari.

Kemudian, selama rata-rata 7,5 tahun, tim peneliti mengamati lebih dari 400 kasus gagal jantung di antara para partisipan.

Tingkat aktivitas mereka berkisar dari yang ringan, seperti pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak, hingga lebih aktif berjalan kaki, menaiki tangga, dan berkebun.

Baca juga: Orang Indonesia Paling Malas Kalau Jalan Kaki Berapa Langkah yang Dibutuhkan untuk Menjadi Bugar? Temuan unik

Analisis tersebut mengungkapkan beberapa hubungan menarik antara aktivitas sehari-hari dan kesehatan jantung. Yang mengejutkan, berjalan kaki sebanyak 3.600 langkah per hari dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung sebesar 26%.

Selain itu, menghabiskan 70 menit aktivitas ringan atau 30 menit aktivitas sedang hingga berat per hari dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung masing-masing sebesar 12% dan 16%.

Di sisi lain, setiap 90 menit tidak melakukan aktivitas—berbaring, duduk, atau sekadar duduk—dikaitkan dengan 17% peningkatan risiko gagal jantung.

Jalan kaki yang teratur terbukti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke hingga 30 persen. 

Faktanya, berjalan kaki 1.000 langkah sehari saja dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 0,45 untuk menjaga kesehatan jantung.

Jalan kaki 500-1000 langkah sehari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. 

Sebuah analisis dalam European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa berjalan kaki 4.000 langkah per hari mengurangi risiko kematian karena sebab apa pun. 

Sementara itu, berjalan kaki hanya 2.337 langkah per hari mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. 

Cobalah untuk membiasakan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari. Namun, jika jalan kaki untuk menurunkan berat badan, lakukan selama 45-60 menit sehari.

Baca Juga: 7 Alternatif Berjalan 10.000 Langkah Ada Lompat Tali Dengarkan berita dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top