Beda dari Penelitian Sebelumnya, Ini Waktu Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Jantung

virprom.com – Kita tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan dan meningkatkan mood Anda. Meski begitu, banyak orang yang tidak punya waktu untuk berolahraga atau bingung kapan harus melakukannya, pagi atau sore hari. 

Penelitian yang diterbitkan dalam majalah Diabetes Care milik American Diabetes Association pada 10 April 2024 menganalisis momen-momen paling bermanfaat dalam bekerja. Penelitian ini dipimpin oleh para peneliti yang mempelajari pengobatan pernapasan, olahraga, dan penyiaran di Universitas Sydney. 

Tujuan mereka adalah menentukan waktu terbaik berolahraga bagi penderita diabetes tipe 2 yang kelebihan berat badan, dan menganalisis apakah waktu olahraga memengaruhi tingkat penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan stroke.

Baca juga: Aktivitas Apa yang Bisa Bikin Bahagia?

Tim tersebut menggunakan data dari UK Biobank untuk mengidentifikasi 29.836 orang dewasa dengan usia rata-rata 62 tahun (dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih) yang menderita diabetes tipe 2. 

Semua peserta memakai perangkat pemantau kebugaran dan dipantau selama delapan tahun untuk penyakit jantung jangka panjang, penyakit pembuluh darah, dan kematian. Para peneliti membandingkan statistik yang sama antara orang dewasa yang berolahraga dan kelompok yang tidak berolahraga.

Selain itu, kelompok “olahraga” dibagi berdasarkan waktu mereka berolahraga: sebelum tengah hari, antara siang hingga jam 6 sore, atau setelah jam 6 sore hingga tengah malam. 

Penelitian ini berfokus pada olahraga sedang hingga berat yang dilakukan lebih dari tiga menit setiap kalinya, seperti jalan cepat, berlari, dan aktivitas “kuat” lainnya seperti bermain dengan anak-anak.

Secara umum, mereka yang melakukan aktivitas fisik memiliki lebih sedikit penyakit jantung dan pembuluh darah dibandingkan mereka yang tidak. 

Namun di antara mereka yang berolahraga, mereka yang berolahraga pada malam hari merasakan manfaat yang tidak dirasakan oleh mereka yang berolahraga pada pagi dan sore hari.

Salah satunya adalah aktivitas ringan dan berat di malam hari dapat menurunkan risiko kematian. Tingkat penyakit jantung juga lebih rendah di antara mereka yang memilih untuk lebih banyak bergerak di malam hari. 

Yang mengejutkan, para peneliti mengatakan, “risiko kematian selama 5 tahun karena semua penyebab adalah 25-32% lebih rendah pada peserta dalam kelompok latihan aerobik malam dengan intensitas sedang hingga kuat” dibandingkan dengan peserta yang berlatih dalam kelompok latihan aerobik. kondisi malam hari dengan intensitas sedang hingga kuat. sore atau pagi hari.

Temuan ini menarik karena banyak penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Misalnya, sebuah penelitian tahun 2023 yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menyimpulkan bahwa siapa pun yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya berolahraga di pagi hari, antara jam 7 pagi hingga jam 9 pagi. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga karena kemampuannya meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Australia secara khusus meneliti hubungan antara waktu kerja dengan harapan hidup dan penyakit jantung. Mungkin olahraga malam dapat meningkatkan suasana hati Anda karena ini adalah jendela untuk melepaskan stres hari itu dari pikiran Anda. 

Para peneliti mengatakan: “Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengungkap mekanisme pasti di balik hubungan ini, temuan kami konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa olahraga ringan atau berat di malam hari menyebabkan kehilangan darah.”

“Pada orang yang banyak mengeluarkan tenaga atau energi, tekanan darah normalnya menurun, pada orang yang bekerja di pagi hari, tekanannya meningkat.” 

Mereka juga berpendapat bahwa karena penderita diabetes tipe 2 cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi di pagi hari, efek ini dapat dikurangi dengan berolahraga di malam hari (walaupun diperlukan lebih banyak penelitian).

Namun, jika Anda suka berolahraga di pagi atau sore hari, sebaiknya jangan mengubah rutinitas Anda kecuali Anda merasa olahraga dapat membantu mengatasi masalah gula darah di pagi hari, jika atau kecuali dokter Anda menyarankannya. 

Dapat dikatakan bahwa, secara umum, olahraga baik untuk jantung dan umur panjang Anda, tidak peduli seberapa sering Anda menjadikannya sebagai rutinitas harian.

Baca juga: Evening Primrose Ampuh Atasi Hipertensi pada Pria. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top