Video Mobil Tua Pakai AC Rumah, Bagaimana Faktanya?

SLEMAN, virprom.com – Mobil modern umumnya dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) untuk kenyamanan penumpang di dalam kabin. Hembusan udara sejuk akan membuat pelancong jarak jauh semakin betah.

Sayangnya, Tidak semua mobil tua dilengkapi dengan AC, sehingga pemilik harus melakukan modifikasi dengan memasangnya sendiri.

Alih-alih memasang AC mobil, mobil lawas yang viral di media sosial ini malah memasang AC rumah lengkap dengan boks unit outdoor yang dibawa di belakang mobil.

Baca Juga: Alasan Mengapa AC Mobil Anda Kurang Dingin di Siang Hari

 

Dewa, pemilik AC Mobil Jogja, mengatakan model ini unik karena pemiliknya tidak perlu menggunakan unit AC rumah tangga untuk memasang AC di mobil lama.

Prinsip dasar cara kerja AC di rumah dan mobil sama, hanya saja sumber energinya berbeda sehingga memasang AC di rumah memerlukan tenaga lebih dan biaya lebih besar, kata Dewa kepada virprom.com, Minggu (14/4/14). 2024).

Dewa mengatakan, instalasi listrik rumah untuk menyuplai daya AC biasanya minimal 900 watt pada tegangan 220 volt AC. Sementara itu, Generator atau dinamo arus listrik mobil tidak menghasilkan arus yang banyak.

Baca Juga: Bolehkah AC Mobil Dinyalakan Saat Mesin Hidup Tinggi?

“Saya rasa tidak mungkin jika menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan genset mobil standar, harus memiliki aki khusus atau genset tambahan yang dapat menunjang kinerja AC rumah tangga,” kata Dewa.

Dewa mengatakan memang ada AC listrik untuk mobil di pasaran. Oleh karena itu, akan lebih cocok untuk mobil yang tidak ingin mengorbankan performa mesinnya.

“Listrik alternatif memerlukan tenaga listrik yang besar untuk memutar kompresornya, sehingga bisa dilakukan modifikasi pada mobil listrik atau hybrid, namun perlu tambahan baterai atau genset,” kata Dewa.

Baca Juga: Haruskah AC Mobil Dimatikan Saat Pulang dan Istirahat?

Nyatanya, Sudah banyak kendaraan di pasaran yang membutuhkan arus listrik lebih besar dari standar, seperti food truck dan kendaraan modifikasi lainnya. Menurut Dewa, mobil tersebut dilengkapi sumber tenaga listrik tambahan.

“Jika memaksakan diri pada arus standar yang disertakan pada mobil dari pabrikan, maka arus listrik yang dihasilkan akan mati sehingga kualitas tenaga menjadi tidak stabil, belum lagi performa mesin dan konsumsi bahan bakar,” kata Dewa.

Oleh karena itu, kreativitas masyarakat dalam memodifikasi mobil tidak ada batasnya. Terkadang ada solusi lain yang lebih efektif dibandingkan memasang AC pada mobil. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top