9 Latihan Fisik yang Perlu Dilakukan Sebelum Naik Gunung

virprom.com – Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas outdoor yang cukup berat, sehingga harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu.

Bagi pendaki pemula yang belum pernah mengikuti ekspedisi atau baru beberapa kali mendaki, perlu mempersiapkan fisik dengan baik.

Mendaki gunung memerlukan kebugaran fisik yang prima dan kekuatan ekstra, karena harus berjalan berjam-jam melewati jalur berangin dan medan terjal.

Baca juga: 6 Tips Mendaki Gunung di Malam Tahun Baru, Hati-hati di Musim Hujan

Baca juga: 4 Obat Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung, Termasuk Karet Gelang

Jika fisik Anda tidak sehat, pasti Anda akan lebih cepat lelah dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Tenang saja, menurut Panduan Minggu (14/4/2024) ada sembilan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mempersiapkan diri secara fisik sebelum mendaki gunung.

Penjelasannya berikut dibawah ini. Latihan Kebugaran untuk Mendaki Gunung 1. Piala Squat

Goblet Squat menargetkan paha depan dan bokong. Latihan ini sangat bagus untuk pejalan kaki.

Peralatan yang dibutuhkan: Kettlebell atau dumbel yang berat.

Langkah: Berdirilah dengan kaki sedikit lebih lebar dari jarak selebar bahu, jari-jari kaki mengarah ke depan atau sekitar 5-10 derajat, dan pinggul diputar ke arah luar. Pegang kettlebell atau dumbbell setinggi dada. Saat Anda menarik napas, angkat pinggul ke belakang seolah-olah Anda kembali berjongkok untuk duduk di kursi dengan badan, dada menghadap ke atas, dan punggung lurus. Buang napas, tekan tumit untuk kembali ke posisi awal. Ulangi 10-15 kali per set. 2. Pertumbuhan yang pesat

Step-up adalah latihan multi-sendi yang melatih semua otot utama tubuh bagian bawah dan memberikan tantangan kardiovaskular.

Perlengkapan yang dibutuhkan: kotak atau tangga tinggi.

Langkah: Berdiri menghadap bangku, kotak plyometric, atau langkah setinggi lutut atau sedikit lebih pendek, dengan tangan di samping tubuh. Libatkan otot inti dan otot bokong saat Anda melangkah ke kotak dengan kaki kanan, gunakan lengan untuk mendorong tubuh Anda. Angkat kaki kiri Anda melewati kotak sehingga Anda berdiri di atasnya. Mundur dulu dengan kaki kanan lalu dengan kaki kiri. Lanjutkan dengan kaki kanan sebanyak 12 repetisi, lalu ganti sisi. 3. Deadlift satu kaki Rumania

Deadlift ini berguna untuk meningkatkan kestabilan salah satu kaki. Selain itu, Deadlift Rumania satu kaki juga akan memperkuat otot inti, inti, dan otot Anda, yang penting untuk mencegah cedera di kemudian hari.