Apersi Dukung Pemerintah Rilis Kebijakan Prototipe Rumah Sederhana

JAKARTA, virprom.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Ditjen) akan segera menerbitkan surat edaran (SE) tentang prototipe rumah sederhana.

Kami berharap dengan adanya prototipe desain rumah sederhana ini dapat menjadi pilihan bagi masyarakat dan pengembang perumahan bersubsidi untuk membangun rumah hunian sesuai dengan standar konstruksi Indonesia.

Hal ini juga memastikan bangunan tersebut tahan gempa dan ramah lingkungan, serta memudahkan proses perizinan bagi pengembang di seluruh Indonesia.

Junaidi Abdillah, CEO Asosiasi Perumahan dan Permukiman Indonesia (APERSI), menyambut baik hal tersebut.

“Jadi prototipe ini sangat penting bagi pengembang. Jadi kalau prototipe ini tidak ada maka akan ada masalah perizinan, PBG (Persetujuan Bangunan), prototipe ini menjadi panduan bagi teman-teman, termasuk pengembang dan Pemerintah Daerah (Pemda) Junaidi kepada virprom.com beberapa waktu lalu.

Junaidi meyakini berkat prototipe rumah sederhana tersebut, tidak akan menimbulkan kendala teknis bagi pemerintah daerah.

Baca Juga: Surat Edaran Prototipe Rumah Sederhana Akan Segera Dirilis

Yang terpenting dari kebijakan ini adalah memperhatikan kepentingan pemerintah daerah, seperti membangun rumah di medan yang tidak rata seperti rawa gambut, rawa, dan lain-lain.

“Jadi APERSI sangat mendukung prototipe tersebut untuk memudahkan perizinan bagi PBG. Itu saja. Jadi masalahnya ada di sana,” tambahnya.

Rencana persiapan prototipe rumah sederhana ini sudah dimulai dan diluncurkan pertama kali pada 6 Oktober 2022.

Pada saat yang sama, dari Januari 2024 hingga Februari 2024, penyelidikan dan seleksi proposal desain kepada asosiasi pembangunan perumahan terus dilakukan.

Tujuannya adalah untuk memperoleh desain yang memenuhi persyaratan teknis bangunan dan memperhatikan kondisi lingkungan.

Kini Kementerian PUPR bersama sejumlah perusahaan kontraktor telah mencapai kesepakatan dan menyetujui sejumlah usulan desain yang akan ditandai sebagai desain awal atau prototipe.

Total proposal proyek yang tersedia adalah 10 proposal proyek dari asosiasi REI, APERSI, HIMPERRA dan PIN untuk tipe rumah yaitu tipe 22, tipe 30, tipe 32, tipe 36 dan tipe 40. Telusuri berita kami dan berita pilihan langsung di halaman Anda seluler. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top