Mengenal 2 Jenis Jam Tangan GMT untuk Traveler dan Pekerja Remote

virprom.com – Bagi Anda yang suka jalan-jalan keliling dunia, jam tangan GMT adalah salah satu barang yang wajib dimiliki. Keunggulan jam tangan GMT adalah penggunanya dapat membaca 2 hingga 3 zona waktu sekaligus dalam 1 jam tangan.

Sebelum kita masuk ke pembahasan ternyata ada dua jenis jam tangan GMT yaitu jam tangan Office GMT atau sering disebut jam tangan Caller GMT dan jam tangan Travel GMT. Apa bedanya? Definisi dan sejarah jam GMT

Jam tangan GMT (Greenwich Mean Time) adalah jenis jam tangan yang menampilkan dua zona waktu atau lebih secara bersamaan. GMT adalah standar waktu global berdasarkan Royal Observatory di Greenwich, London, Inggris.

Pada umumnya jam tangan GMT memiliki tampilan jam dan menit seperti jam tangan biasa, namun dilengkapi dengan jarum tambahan yang menunjukkan zona waktu berbeda. Jarum tambahan ini biasanya memiliki warna dan panjang yang berbeda dengan jarum jam, detik, dan menit, sehingga memudahkan pengguna membedakan zona waktu pertama dan kedua.

Pendahulu jam tangan GMT sebenarnya sudah ada sejak tahun 1953 hingga merek Glycine melalui seri Glycine Airman, di mana jam tangan tersebut dapat melacak dua zona waktu dengan indikator 24 jam di dial dan indikator 24 jam di bezel.

Sementara itu, Rolex memperkenalkan jam tangan GMT 2 tangan (Ref. 6542) pada tahun 1954 dengan GMT-Master, yang menjadi jam tangan resmi Pan Am Air.

Baca juga: Sejarah, Fungsi dan Cara Kerja Jam Tangan GMT

Jam tangan tipe GMT

Menurut Andrean Saputra, wakil presiden pemasaran jamtang.com, jam tangan GMT saat ini terbagi menjadi 2 jenis mekanisme kerja, yaitu jam tangan Office GMT dan jam tangan Travel GMT. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jam kantor GMT

Seperti namanya, jam tangan Office GMT (juga dikenal sebagai jam tangan Caller GMT) dirancang untuk para profesional yang sering berkomunikasi dengan mitra bisnis atau kolega di luar negeri.

Sebagian besar jam tangan Office GMT memiliki jarum untuk memperlihatkan waktu utama dan jarum tambahan untuk zona waktu lainnya. Mesin jam Office GMT memiliki pengaturan yang memungkinkan jarum detik yang menampilkan skala zona waktu 24 jam diatur secara independen dengan penyesuaian cepat tanpa mempengaruhi jarum jam lainnya.

“Jadi jam tangan Office GMT adalah jam tangan yang bisa digunakan saat kita ingin menunjukkan waktu di belahan dunia lain. Kita bisa menggunakannya untuk mengecek waktu di kantor di luar negeri atau rekan bisnis di negara lain. kata Andrea saat dihubungi, Rabu (15/5/2024).

Kapan dan di mana Anda sebaiknya memakai jam tangan kantor GMT? Ada beberapa saran waktu dan momen yang tepat untuk memakai jam tangan ini, antara lain:

Atur pertemuan dengan kolega dari negara lain di zona waktu berbeda

Jam tangan GMT sangat berguna di kantor, apalagi jika kita bekerja dengan rekan atau klien luar negeri yang zona waktu berbeda. Kami dapat dengan mudah melacak zona waktu mitra kami di luar negeri untuk mengakomodasi jadwal seperti rapat atau panggilan telepon secara efisien.

Atur pertemuan bisnis dengan kolega dari negara lain

Jika Anda bekerja di industri yang memerlukan koordinasi dengan rekan kerja atau klien dari belahan dunia lain, jam tangan Office GMT akan sangat berguna untuk mengatur pertemuan bisnis dengan rekan kerja yang bepergian ke negara Anda dari luar negeri. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyesuaikan jadwal pertemuan dengan keberangkatan dan kedatangan pasangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top