Resmi, Amerika Miliki Kuil Hindu Terbesar Kedua di Dunia

Jakarta, virprom.com – Bukan di Asia; Kompleks candi Hindu terbesar kedua di dunia terletak di New Jersey, Amerika Serikat.

Bernama BAPS Akshardham, candi ini diresmikan pada Minggu (08-10-2023) waktu setempat oleh 12.500 relawan dari seluruh dunia setelah 12 tahun pengerjaan konstruksi.

Kata BPAS sendiri mengacu pada Bochasanvasi Sri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha, sebuah tradisi Hindu yang mengikuti ajaran Dewa Swaminarayan.

Kuil ini memiliki luas sekitar 185 hektar dan berdiri setinggi 58 meter dan dikenal sebagai kuil Hindu terbesar di Amerika.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu Dapat Apartemen Dengan Arsitektur Bali

Tersebar di area seluas 185 hektar, candi megah ini didedikasikan untuk Dewa Swaminarayan, seorang pemimpin spiritual Hindu abad ke-19.

Seperti dikutip dari Daily Mail, candi ini terbuat dari marmer, granit, dan batu kapur yang diukir langsung oleh perajin di India.

Pecahan batu tersebut kemudian dikirim ke Amerika dan dikumpulkan oleh para sukarelawan di bawah bimbingan perajin dari India.

Kuil ini memiliki lebih dari 10.000 patung dan 151 patung yang menggambarkan budaya India kuno.

Tiga negara bagian di New York diketahui memiliki jumlah umat Hindu terbesar di Amerika Serikat.

Baca Juga: Peneliti Temukan Kuil Buddha Berusia 1.200 Tahun di Malaysia

BAPS sendiri telah membangun lebih dari 100 kuil Hindu di Amerika Serikat dan sekitar 1.400 di seluruh dunia, termasuk India, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Kenya, Afrika Selatan, dan Australia.

Seperti diketahui, Kuil Agung di New Delhi, India merupakan kuil Hindu terbesar di dunia. Konstruksi memakan waktu sekitar 5 tahun dan melibatkan lebih dari 8.000 sukarelawan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top