Regulasi Baru MotoGP 2027, Mesin 850cc dan Holshot Terlarang

JAKARTA, virprom.com – Mulai tahun 2027 akan banyak terjadi perubahan terutama dari segi teknologi. Sebab aturan baru tersebut akan diterapkan demi keselamatan para pelari dan kenikmatan balapan.

Dikutip dari Motogp.com Selasa (7/5/2024) MotoGP 2027 akan menerapkan peraturan baru untuk menjadikan balapan lebih aman, berkelanjutan, dan bahkan lebih spektakuler. Sepeda MotoGP akan kompatibel dengan model produksi di jalan dan lebih efisien, mendukung keberlanjutan global, serta dirancang untuk menciptakan balap terbaik dan performa ekstrem.

Baca juga: Dani Pedrosa Pilih Motor MotoGP Versi Lama

Mesin mulai tahun 2027, kapasitasnya akan dikurangi dari cc1000 menjadi 850 cc. Hal ini akan mengurangi kecepatan, membuat balapan lebih aman dan meningkatkan jarak tempuh. Sehingga lebih efisien dan tahan lama.

Lubang silinder akan dikurangi dari 81 mm menjadi 75 mm, yang juga akan membatasi performa. Sehingga motornya akan lebih cocok untuk digunakan di jalan raya, sedangkan mesinnya tetap mempertahankan karakteristik yang membuat MotoGP tetap menyenangkan.

Baca juga: Rossi Jelaskan Perbedaan Balapan MotoGP dan WEC

Bahan bakar MotoGP akan menggunakan 100 persen bahan bakar ramah lingkungan mulai tahun 2027, dibandingkan penggunaan minimal 40 persen mulai tahun 2024. Sesuai regulasi, kapasitas tangki bahan bakar akan dikurangi, dari 22 liter menjadi 20 liter, dan jumlah bahan bakar. pengendara akan berkurang. diperbolehkan menggunakan 11 liter selama Sprint.

Aerodinamika Aerodinamika akan dikurangi dan dikontrol secara ketat mulai tahun 2027, dengan tujuan mengurangi dampak negatifnya. Lebar bagian utama fairing depan akan dipersempit 50 mm, dan bagian depan akan dikompensasi sebesar 50 mm.

Hal ini mengurangi pengaruh angin pada area kritis, pada jalur lebar dan area pengereman. Langkah ini akan menghasilkan balapan yang lebih ketat dan lebih ekstrem.

Sebelumnya, aerodinamika di belakang pengemudi akan menjadi bagian dari homolog mulai tahun 2027, dan tim hanya dapat memperbaruinya sekali dalam satu musim untuk mengendalikan biaya.

Perangkat Ride-Height dan Holeshot Di era baru yang dimulai pada tahun 2027, semua perangkat ride-height dan holeshot akan dihapuskan secara bertahap. Aturan tersebut diterapkan untuk mengontrol gameplay dan membuat balapan menjadi lebih aman, terutama di awal balapan. Level ini juga akan mengutamakan kemampuan masing-masing pengemudi, seperti pesawat yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan passing.

Data GPS Untuk menyamakan kedudukan, data GPS dari semua pembalap akan tersedia untuk semua tim setelah setiap sesi. Memberikan informasi kepada semua pesaing memberikan peluang terbaik untuk maju bagi tim dan pengemudi yang berkinerja rendah dengan biaya yang terkendali.

Akses terhadap informasi semacam ini diyakini dapat membantu membuat balap motor lebih aman. Selain itu, kami berharap ini akan meningkatkan tingkat kesadaran penggemar di seluruh dunia.

Distribusi Sistem konsesi yang diterapkan pada akhir musim 2023 saat ini akan terus berlanjut. Namun, sejak peraturan teknis baru mulai berlaku pada tahun 2027, seluruh pabrikan akan memulai musim di Grup B.

Setiap tim kemudian akan diberi peringkat ulang pada pertengahan musim, pada musim panas 2027. Tim balap dapat mengubah peringkatnya naik atau turun untuk mendapatkan lebih banyak atau lebih sedikit.

Sistem umpan balik ini berarti bahwa kinerja pabrikan dipertimbangkan sejak hari pertama, menjaga persaingan sedekat mungkin dengan dimulainya era baru. Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top