5 Tips Menghemat Kuota Internet di HP Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2024

virprom.com – Ada beberapa syarat yang perlu disiapkan pengguna untuk menunjang perjalanan normal Idul Fitri 2024.

Dengan kuota data yang cukup, pengguna dapat mengakses Internet untuk menunjang berbagai kebutuhan seperti membuka aplikasi peta, streaming musik, chatting, dan lainnya selama perjalanan mudik Idul Fitri 2024.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pemantau Lalu Lintas untuk Menghindari Kemacetan Saat Lebaran 2024

Kuota internet di ponsel akan cepat habis jika pengguna menggunakannya terus menerus selama perjalanan mudik saat Idul Fitri 2024.

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara menghemat kuota internet di ponselnya selama perjalanan mudik Lebaran 2024 agar tidak cepat habis.

Jika ingin tahu lebih lanjut, silahkan simak penjelasan kami tentang cara menghemat kuota internet selama perjalanan Idul Fitri 2024.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan pengguna agar koneksi internet ponselnya tidak cepat habis saat dalam perjalanan pulang saat Idul Fitri 2024.

Nantinya, pengguna juga dapat menonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis di ponselnya. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba. Berikut penjelasan lengkap cara menghemat kuota internet saat mudik di Hari Raya Idul Fitri 2024. 1. Nonaktifkan fitur download file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial seringkali memiliki fitur download file otomatis, misalnya WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis akan mengunduh seluruh file, foto, dan video yang dikirimkan di ruang chat.

Kuota internet dapat digunakan untuk download file otomatis, walaupun tidak semua file yang diupload penting untuk didownload. Jadi, aktifkan download file otomatis di aplikasi media sosial.

Misalnya, Anda dapat mengaktifkan pengunduhan file otomatis di WhatsApp dengan mengklik menu “Pengaturan” dan mengklik opsi “Penyimpanan & Data”. Selanjutnya, nonaktifkan fitur download file otomatis. 2. Nonaktifkan fitur pembaruan aplikasi otomatis

Memperbarui versi aplikasi juga bisa memakan kuota yang besar, terkadang mencapai lebih dari 100 MB. Jika melakukan update menggunakan jaringan seluler maka kuota internet akan cepat habis.

Untuk itu, Anda perlu mengaktifkan pembaruan aplikasi otomatis menggunakan jaringan seluler. Setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis menggunakan jaringan seluler.

Misalnya, di iPhone, pembaruan otomatis aplikasi di jaringan seluler dapat dimatikan dengan masuk ke menu “Pengaturan”. Selanjutnya, pilih opsi “App Store” dan nonaktifkan opsi “Download Otomatis” pada kolom “Data Seluler”.

Baca Juga: Cara Mencari ATM dan SPBU Terdekat Lewat Google Maps Saat Mudik Lebaran 2024 3. Hindari Back Up File

Cara menghemat kuota internet saat mudik Lebaran 2024 yang ketiga adalah dengan tidak melakukan backup file menggunakan jaringan seluler ke platform cloud seperti iCloud atau Google Drive.

Proses menyimpan file bisa menghabiskan banyak kuota internet. Semakin banyak file yang dibackup maka semakin banyak juga kuota internet yang terpakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top