Segini Kapasitas Oli Transmisi pada Mobil Matik

KLATEN, virprom.com – Oli transmisi pada mobil matic merupakan elemen yang sangat penting untuk menjaga kualitas dan volumenya. Pasalnya, oli pada transmisi otomatis tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, namun juga sebagai cairan pemindah tenaga.

Oleh karena itu, oli transmisi matic yang kualitas dan volumenya rendah pasti akan menyebabkan menurunnya performa mobil. Dalam jangka panjang, lapisan kopling pada transmisi otomatis bisa aus karena tergelincir.

Meski mengisi oli transmisi hingga kapasitasnya menjadi tanggung jawab bengkel, namun konsumen juga bisa mengontrolnya.

Baca juga: Ini Dampak Negatif Jika Terlambat Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Pemilik Aha Motor Yogyakarta, Hardi Wibowo menjelaskan, kapasitas oli transmisi matic pada setiap mobil mungkin berbeda-beda, namun untuk menentukan cukup atau tidaknya bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Kapasitas oli transmisi matic tiap mobil bisa berbeda-beda, umumnya untuk mobil Jepang kapasitasnya antara 4 hingga 9 liter, namun dalam proses penggantian terkadang hanya dibutuhkan 4 liter, kata Hardi kepada virprom.com, baru-baru ini.

Hardi mengatakan, proses penggantian oli transmisi otomatis hanya membutuhkan 4 liter, berbeda dengan pembilasan yang membutuhkan oli lebih banyak.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Mengganti Oli Transmisi Otomatis Mobil Anda?

“Penggantian oli transmisi matic butuh maksimal 4 liter karena memang hanya oli bekas di tangki oli, padahal total kapasitas oli matic bisa lebih dari itu karena ada di torque converter juga,” ujarnya. Kuat.

Sedangkan saat proses pencucian dilakukan, Hardi mengatakan mungkin membutuhkan oli mobil dua kali lebih banyak atau bahkan lebih.

Proses pembilasannya sama dengan pembilasan oli transmisi matic dengan cara mengalirkannya sesuai dengan laju aliran, sehingga prosesnya bisa menggunakan oli dua kali lebih banyak atau bahkan lebih banyak dibandingkan penggantian oli biasa, kata Hardi.

Baca juga: Jangan pindahkan tuas transmisi matic ke N saat menuruni tanjakan

Tolak ukur terisinya oli transmisi matic cukup atau tidak tidak ditentukan dari banyaknya oli yang digunakan, melainkan berdasarkan pengecekan volumenya langsung dengan dipstick.

Hardi juga mengatakan dampak pengisian oli transmisi matic yang kurang dari kebutuhan dapat menyebabkan performa mobil menurun, tidak dapat dihidupkan bahkan menyebabkan kerusakan pada komponen internal transmisi. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top