Rusia Klaim Rebut 5 Desa dalam Pertempuran Sengit di Kharkiv

KYIV, virprom.com – Pertempuran sengit berlanjut pada hari kedua di pinggiran wilayah Kharkiv di timur laut Ukraina.

Rusia mengatakan pihaknya telah merebut lima desa, sementara Ukraina mengatakan pihaknya berhasil menghalau serangan tersebut dan berjuang untuk menguasai wilayah tersebut.

Rusia melancarkan serangan lapis baja pada Jumat pagi (5/10/2024).

Baca juga: Ukraina Evakuasi Ratusan Orang dari Kharkiv Usai Serangan Rusia

Hal ini bisa jadi bertujuan untuk menarik sejumlah besar pasukan Ukraina di wilayah timur yang menjadi fokus serangan Rusia.

Kiev berada dalam posisi yang tidak menguntungkan selama berbulan-bulan karena pasukan Rusia bergerak perlahan, terutama di wilayah Donetsk di selatan, mengambil keuntungan dari kurangnya pasukan Ukraina dan peluru artileri, menurut laporan Reuters.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pengarahan bahwa pasukannya merebut desa Pletenivka, Ohirtseve, Borysivka, Pylna dan Strilecha di wilayah Kharkiv, yang memblokir perbatasan dengan wilayah Belgorod Rusia.

Namun Gubernur Kharkiv Oleh Syniehubov mengatakan pertempuran aktif terus berlanjut di lima desa perbatasan yang terletak tiga hingga lima kilometer dari perbatasan.

“Kami memahami dengan jelas kekuatan apa yang digunakan musuh di utara wilayah kami. Tentu saja eskalasi bisa meningkat, tekanan bisa meningkat, ini bisa memperkuat satuan militer dan kehadiran militernya,” ujarnya.

Ia mengatakan tidak ada bahaya yang mengancam ibu kota wilayah tersebut, Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Evakuasi terhadap sekitar 1,3 juta penduduk yang terus tinggal di sana juga tidak diperlukan meskipun adanya serangan rudal dan drone secara teratur.

Baca juga: Rekap Hari ke-798 Serangan Rusia ke Ukraina: Drone Menyerang Kilang Rosneft | Pengeboman di Kharkiv

“Sejauh ini musuh terus menekan di bagian utara wilayah kami. Pasukan kami berhasil menggagalkan sembilan serangan,” tambahnya.

Kiev segera mengerahkan bala bantuan untuk menghadapi serangan tersebut.

Baca juga: Serangan Rusia di Kharkiv Ukraina Tewaskan 2 Orang

Nazar Voloshyn, juru bicara Komando Timur Ukraina, mengatakan bahwa pasukan Kiev telah berhasil menahan pasukan Rusia di perbatasan yang tidak jelas siapa yang memegang kendali. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top