Profil Giring Ganesha, Eks Vokalis Nidji yang Ditunjuk Jadi Wakil Menteri Kebudayaan

JAKARTA, virprom.com – Presiden Prabowo Subianto menunjuk anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo sebagai Wakil Menteri Kebudayaan.

Pria kelahiran 14 Juli 1983 ini akan mendampingi politikus Partai Gerindra Fadli Zon yang menjabat Menteri Kebudayaan di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka selama lima tahun ke depan.

Sebelum terjun ke dunia politik, Giring terkenal sebagai vokalis band Nidji yang populer dengan lagu-lagu hitsnya seperti “Hapus Aku” dalam “Laskar Pelangi” yang menjadi soundtrack film tahun 2008 berjudul sama.

Namun secara mengejutkan Giring memutuskan keluar dari band yang membesarkan namanya pada tahun 2017 itu. Namun, saat itu ia awalnya mengatakan hanya ingin istirahat dan melanjutkan studi.

Baca juga: Susunan Lengkap Kabinet Merah Putih Bentukan Prabowo

Giring memang menunjukkan ketertarikannya pada dunia politik. Pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024, ia bergabung dengan relawan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Jusuf Kalla.

Ia juga kembali tampil sebagai relawan pada Pilkada DKI Jakarta 2017 (Pilkada Giring menjadi relawan calon gubernur dan wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat).

Terakhir, menurut virprom.com, Giring resmi bergabung dengan PSI pada 2019. Ia juga mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada pemilihan legislatif (Pileg 2019) daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I.

Namun Giring yang memperoleh 47.069 suara harus mengubur mimpinya menjadi wakil rakyat di Senayan, karena PSI tidak mencapai ambang batas parlemen.

Baca juga: Daftar 56 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo

Gagal menjadi anggota RDP RI, Giring Ganesha secara mengejutkan diberi jabatan Ketua Umum PSI pada 11 November 2021. Ia menggantikan Grance Natalie.

Namun Giring harus merelakan posisinya demi putra bungsu Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Melansir virprom.com, baru dua hari bergabung dengan PSI pada 23 September 2023, Kaesang langsung dilantik menjadi Ketum pada 25 September 2023.

Giring juga menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan PSI setelah posisinya diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

Selain berkecimpung di industri musik dan politik, Giring Ganesha juga diketahui pernah menjabat sebagai presiden Indonesia Esports Primier League (IESPL).

Mengutip Antaranews, Giring juga menginisiasi pembentukan liga olahraga bersama PT Gajah Merah Terbang, bagian dari grup PT Merah Cipta Media. Pihaknya juga menyelenggarakan kompetisi untuk tim e-sports Indonesia dengan hadiah senilai Rp 1 miliar.

Baca Juga: Prabowo Tunjuk Giring Ganesha Sebagai Wakil Menteri Kebudayaan Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top