4 Cara Mengatasi WhatsApp Kena Spam yang Mengganggu, Mudah dan Praktis

virprom.com – Pengguna mungkin ingin mengetahui banyak tips mengatasi masalah yang muncul pada aplikasi WhatsApp atau biasa ditulis WA. Salah satu tipsnya adalah cara mengatasi WA terkena spam.

Cara mengatasi spam WhatsApp ini akan berguna bagi pengguna yang terkena dampak karena menerima banyak pesan atau panggilan dari nomor luar negeri. Akun WhatsApp pengguna kemungkinan besar terkena spam.

Baca juga: Cara menggunakan satu akun WhatsApp di 2 HP tanpa WhatsApp Web, mudah saja

Nomor telepon asing atau nomor tidak dikenal dapat menghubungi pengguna di WhatsApp melalui chat atau telepon. Karena kontak yang berulang-ulang, spamming bisa sangat mengganggu.

Selain itu, tidak jarang terjadi spam atau scam yang bertujuan untuk mendapatkan uang dari pengguna. Untuk mengurangi dampak ini, pengguna harus mengetahui apa yang harus dilakukan ketika WhatsApp terkena spam.

Lalu, apa yang dilakukan jika akun WA Anda terkena spam? Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, silahkan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi spamming WhatsApp dengan mudah dan efektif. Apa yang harus dilakukan ketika WhatsApp terkena spam

Cara mengatasi spam WhatsApp sangat sederhana. Dalam mengatasi WA terkena spam, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Ada banyak cara mengatasi spam WhatsApp seperti di bawah ini. 1. Jangan menjawab

Cara pertama dan paling umum untuk mengatasi spam WhatsApp adalah dengan tidak menanggapi panggilan atau pesan yang dikirim oleh spammer. Selain membuang-buang waktu, spammer juga bisa melakukan penipuan jika membalasnya.

Jika menerima pesan atau panggilan dari nomor asing, namun identitas dan pesannya tidak jelas, sebaiknya pengguna tidak menjawab.

Baca juga: Cara Menambahkan Copilot di WhatsApp ke Chat dengan AI Chatbot 2. Menampilkan dan memblokir nomor asing

Berikutnya, jika ada nomor tak dikenal yang terus-menerus menelepon Anda di WhatsApp, meski tidak dijawab, pengguna bisa melaporkan dan memblokir nomor asing tersebut.

Dengan postingan tersebut, akun pelaku spam bisa diblokir oleh WhatsApp sehingga akun tersebut tidak bisa digunakan lagi. Untuk melaporkan nomor asing pengirim spam di WhatsApp, caranya sebagai berikut: Buka chat room dengan nomor asing di WhatsApp. Kemudian, buka halaman profil akun luar negeri. Gulir ke bawah, lalu pilih opsi “Tampilkan dan blokir”. Jika dilaporkan, lima percakapan terakhir nomor asing tersebut akan dikirim ke WhatsApp untuk dianalisis. Saat memposting, dengan opsi ini, akun asing akan diblokir sehingga pengguna tidak lagi menerima spam dari mereka. 3. Bisukan panggilan tak dikenal

Cara mengatasi WA yang terkena spam lainnya adalah dengan menelepon dari nomor tak dikenal. Sekadar informasi, WhatsApp memiliki fitur bawaan yang memungkinkan panggilan dari nomor tak dikenal ditolak.

Dengan cara ini, pengguna tidak akan melihat panggilan masuk di WhatsApp. Untuk memblokir nomor tak dikenal di WhatsApp, caranya sebagai berikut: Buka menu “Pengaturan” di WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Privasi”. Kemudian, pilih opsi “Panggilan”. Terakhir, aktifkan opsi “Diamkan panggilan tidak dikenal” dan panggilan dari nomor asing akan dihentikan.

4. Batasi jumlah orang yang dapat diundang untuk bergabung dalam grup

Selain itu, cara mengatasi WhatsApp terkena spam juga dapat membatasi jumlah orang atau orang yang dapat mengundang pengguna ke grup. Spammer sering mengundang pengguna ke grup WhatsApp.

Untuk mencegah pelaku spam menambahkan ke grup, pengguna dapat memblokirnya. Untuk membatasi orang yang dapat diundang ke grup WhatsApp, caranya sebagai berikut: Buka menu “Spasi” di WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Privasi”. Kemudian, pilih opsi “Grup”. Terakhir, tetapkan siapa yang dapat ditambahkan ke grup menjadi “Saya Sendiri”, bukan “Semua Orang”. Dengan cara ini, pengguna hanya dapat ditambahkan ke grup oleh orang-orang yang nomornya telah disimpan.

Baca juga: 10 Cara Mengubah Teks di WhatsApp Menjadi Indah, Sederhana dan Efektif

Mudah sekalikah mengatasi WhatsApp yang terkena spam? Melalui proses di atas, pengguna tidak perlu terlalu khawatir ketika nomor telepon asing mengirimkan spam di WhatsApp, seperti melalui SMS atau panggilan telepon.

Pengguna bisa mengurangi dampak spam di WhatsApp dengan cara ini. Demikianlah penjelasan berbagai cara mengatasi WhatsApp menerima serangan spam dari kode tidak dikenal dengan cara sederhana dan praktis, semoga membantu.

Dapatkan berita teknologi dan gadget terkini setiap hari. Bergabunglah dengan Saluran WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih berita yang ingin Anda akses di Channel WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top