BNPB Minta Tambahan Anggaran Rp 1,8 Triliun untuk Lengkapi Logistik dan Peralatan

JAKARTA, virprom.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengusulkan penambahan anggaran pada tahun 2025, di luar dana yang tersedia saat terjadi bencana.

Presiden BNPB Suharyanto mengumumkan usulan tambahan anggaran sebesar Rp1.877.896.280.000. Hal ini diperlukan untuk memperkuat kelembagaan penanggulangan bencana di tingkat daerah.

Oleh karena itu, kami meminta tambahan anggaran untuk memperkuat dana pertama tahun 2025, sudah teridentifikasi beberapa poin, setidaknya ada 14 poin yang kami usulkan, besarnya Rp 1.877.896.280.000,- kata Suharyanto (3/9/2024).

Suharyanto mengatakan dengan tambahan anggaran ini, BNPB akan membantu penyediaan perbekalan dan peralatan penanggulangan bencana kepada BPBD di berbagai daerah.

Baca Juga: BNPB Catat 1.300 Bencana di 2024, Rekor Banjir

Selain itu, tambahan anggaran tersebut akan digunakan untuk peningkatan kebutuhan belanja pegawai dan tunjangan kinerja, serta untuk proses pemindahan pegawai ke Ibu Kota Negara (IKN).

“Yang pertama adalah kebutuhan tambahan biaya pegawai dan kenaikan gaji. “Kemudian pindahkan pekerja ke IKN,” kata Suharyanto.

Dan yang besar selanjutnya adalah penguatan kelembagaan BPBD daerah, kabupaten dan kota melalui logistik dan penyediaan peralatan yang jumlahnya Rp 1,7 triliun, lanjutnya.

Suharyanto mengakui BNPB mendapat tambahan anggaran yang besar untuk penanggulangan bencana.

Baca juga: BNPB terus mencari korban Banjir Bandang Ternate yang hilang

Namun, penambahan anggaran baru ini terbatas pada dana yang tersedia dan sebaiknya digunakan pada saat terjadi bencana.

“Ya, dana siap pakai ini memiliki beberapa keterbatasan. Ya, kalau ada bencana, kami tidak masalah membantu daerah tersebut. “Tetapi sebelum bencana ini terjadi, kami sempat terkendala karena dana yang tersedia untuk digunakan tidak digunakan secara maksimal,” pungkas Suharyanto. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses WhatsApp virprom.com Saluran: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top