Bom Perang Dunia I Seberat 300 Kg Ditemukan di Serbia, Usianya Lebih dari Seabad

BELGRADE, virprom.com – Sebuah bom yang belum meledak dari Perang Dunia Pertama ditemukan di ibu kota Serbia, Beograd, dan berhasil dipindahkan dengan aman pada Minggu (22/9/2024).

Proyek artileri berusia satu abad dengan berat hampir 300 kilogram (kg) itu diangkat dari lokasi konstruksi dekat gedung parlemen Serbia.

Menteri Dalam Negeri Serbia Ivica Dacic mengatakan howitzer Morser M.11 305mm yang ditemukan pada Rabu (18/9/2024) digunakan oleh tentara Austria-Hongaria ketika menduduki Beograd pada Juli 1914.

Baca juga: Jepang akan membayar bandara setelah pemboman PD II

Saat bom berhasil disingkirkan, polisi memerintahkan penduduk setempat untuk memindahkan barang-barang mereka dari daerah tersebut dan mendesak agar berhati-hati.

Pihak berwenang juga menyarankan warga untuk meninggalkan rumah mereka jika memungkinkan.

Peluru tersebut kemudian diangkut ke lapangan pasir sekitar 60 kilometer (km) dari Beograd, di mana peluru tersebut dihancurkan.

Baca Juga: Rusia Peringatkan AS Akan Risiko Konflik Bersenjata Perang Dunia III Pada Tahun 2023 Kebanyakan Ahli Meteorologi India dari Perang Dunia II Memprediksi Tanggal Mulai Perang Dunia III

Dulu, beberapa bom sisa perang juga ditemukan di Serbia dan tidak ada yang meledak saat diangkut.

Di kota Nis, di Serbia bagian selatan, misalnya. Pada bulan April 2024, sebuah bom besar dari serangan NATO tahun 1999 ditemukan.

Pada tahun 2021, sebuah bom seberat 242 kg dari Perang Dunia II dipindahkan dari lokasi konstruksi di luar Beograd.

Baca Juga: Implikasi Geopolitik: Konflik Iran-Israel Bisa Picu Perang Dunia III Dengarkan berita dan update kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top