KSAL Laksmana Ali: Prabowo Subianto Berjanji Perkuat Armada TNI AL

JAKARTA, virprom.com – Sekretaris Jenderal Angkatan Laut Indonesia (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengumumkan Menteri Pertahanan dan terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto ingin memperkuat TNI Angkatan Laut. termasuk kapal selam.

“Kemudian Prabowo mengatakan ingin memperkuat angkatan laut, terutama untuk mengisi armada kapal selam. Mungkin kita akan menyiapkannya dari negara lain,” kata Laksamana Ali dari Markas Komando Angkatan Laut (Kolinlamil) Jakarta. Antara, Sabtu (28 September 2024).

Baca Juga: KSAL Ungkap Komitmen TNI AL Dukung Penuh Kesiapan Pemerintahan Prabowo Tambah Kapal Selam Kemhan

Laksamana Ali menjelaskan, Kementerian Pertahanan (MoD) sebelumnya telah membeli dua kapal selam Scorpene Evolution dari perusahaan Prancis Naval Group untuk dibangun di Galangan Kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa.

“Untuk kapal selam, Kementerian Pertahanan berencana membelinya dari Perancis. Namun nantinya akan bekerja sama dengan galangan kapal dalam negeri, khususnya PT PAL. Oleh karena itu, akan dibentuk joint venture dengan TNI AL dan PT PAL untuk membangun kapal selam kelas Scorpene. .” Dia berkata.

Baca Juga: Temui Sekjen Kementerian Pertahanan KSAL, Bahas Instruksi Prabowo Bangun Benteng TNI AL

Menurut Laksamana Ali, Scorpene Evolution merupakan kapal selam yang canggih dalam hal persenjataan dan kemampuan manuver.

“Ini adalah kelas Scorpene edisi terbaru. Kelas ini sangat canggih dalam hal kemampuan manuver dan persenjataan.”

Saat ini Indonesia mempunyai empat kapal selam yaitu KRI Cakra-401, KRI Ardadedali-404, KRI Nagapasa-403 dan KRI Alugoro-405.

Pembelian dua kapal selam Scorpene Evolution dari kelompok angkatan laut Perancis akan semakin memperkuat angkatan laut Indonesia. Teknologi canggih dalam pengembangan Scorpene

Kedua kapal yang dipesan Indonesia tersebut rencananya akan dibangun dari awal di Galangan Kapal PT PAL Indonesia.

Scorpene Evolution dikenal sebagai kapal selam canggih yang menggunakan baterai lithium-ion ringan dan berdensitas energi tinggi yang memungkinkan kapal selam beroperasi dalam jangka waktu lebih lama tanpa perlu menyalakan atau mengisi bahan bakar.

Baca Juga: KSAL, 3 Dermaga Angkatan Laut Italia di Tanjung Priok: Peluang Pertukaran Pengetahuan

Kapal selam ini juga memiliki kemampuan siluman sehingga menyulitkan kapal lain untuk mendeteksi radar saat beroperasi di bawah air.

Scorpene Evolution adalah kapal selam serbaguna yang mampu melakukan berbagai operasi termasuk peperangan permukaan, peperangan anti-kapal selam, operasi khusus dan operasi intelijen bawah air.

Kapal selam ini dilengkapi dengan sistem tempur SUBTICS generasi terbaru yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan operasional di laut dalam dan dangkal.

Baca Juga: KSAL Muhammed Ali Bicara Pribadi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Soal Pembelian Alutsista

Fitur Scorpene Evolution mencakup panjang 72 meter, kecepatan tertinggi 20 saat terendam, kemampuan menyelam hingga 300 meter dan kapasitas untuk beroperasi 240 hari setahun di laut dengan total awak 31.

Kapal selam ini juga dilengkapi enam tabung senjata yang mampu menampung 18 rudal dan torpedo. Dengarkan berita dan pembaruan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp Compass.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top