Mesin Mobil Terasa Loyo, Bisa Jadi Imbas Degradasi Kompresi

JAKARTA, virprom.com – Meski melakukan perawatan rutin, ada kalanya pemilik mobil merasa tenaga yang dihasilkan mesin kurang atau lambat. Hal ini menyebabkan penurunan kinerja.

Penyebabnya bisa banyak hal, tapi untuk mesin yang sudah berumur lebih dari 5 tahun dan sudah terbang berjam-jam, bisa jadi karena penurunan kompresi.

Seperti diketahui, setiap kendaraan mempunyai kompresi mesin, yaitu perbandingan volume ruang mesin pada saat titik mati atas (TDC) dan titik mati bawah (BDC) piston. Jumlah kompresi bervariasi dengan perpindahan silinder.

Baca juga: Jangan Ditaruh, Sudah Saatnya Lepas Baterai

Kompresi mesin yang menurun menyebabkan penurunan performa. Tenaga yang disalurkan ke mesin sudah tidak optimal lagi, bahkan tidak mungkin lagi.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka, penyebab rendahnya kompresi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, yang paling utama adalah kebocoran akibat penggunaan oli yang tidak tepat.

Suparman mengatakan kepada virprom.com, “lubang di dinding silinder menyebabkan hilangnya kompresi. Pelumasan yang buruk bisa disebabkan oleh penggantian oli yang lama, spesifikasi oli yang salah, atau sistem pompa oli yang tidak berfungsi.” , Selasa (21/12/2021).

Faktor lainnya bisa jadi adalah masalah ring piston yang kendor atau menggembung sehingga menyebabkan hilangnya kompresi. Masalah ini cukup umum terjadi pada mobil tua.

Selain itu, bisa juga disebabkan oleh ketidakrataan karena katup tersumbat oleh kotoran dan tidak menutup rapat sehingga menyebabkan kebocoran. Selain itu, kemasannya mungkin rusak.

Baca Juga: Harga BBM Vivo dan BP Kompak Dipangkas Mulai 1 Oktober 2024, Cek Detailnya!

Menurut Koordinator Eksekutif Manajemen Layanan Purna Jual PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, kompresi mesin yang rendah bisa disebabkan oleh banyak masalah lain.

Pertama, bisa disebabkan oleh kebocoran katup inlet atau outlet pada mesin mobil, kemudian bisa bocor dan bocor karena keausan silinder, kata Bambang.

  Dengarkan berita terkini dan berita unggulan kami langsung di ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top