Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Kelor yang Benar? Ini Penjelasannya…

virprom.com – Bila dikonsumsi dengan benar, daun kelor dapat menunjang kesehatan secara umum, seperti meredakan insomnia, meningkatkan sistem imun tubuh, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Tapi bagaimana cara memakan daun kelor?

Cara mengonsumsi daun kelor yang benar adalah dengan memasaknya, mengeringkannya untuk dijadikan teh, dan memakannya langsung sebagai salad.

Untuk lebih jelasnya, simak cara konsumsi daun kelor yang benar dan manfaatnya.

Baca Juga: Bolehkah Minum Daun Kelor dalam Air Rebus Setiap Hari? Berikut penjelasannya… Bagaimana Cara Mengonsumsi Daun Kelor yang Benar?

Cara mengkonsumsi daun kelor yang benar adalah dengan membuat teh, membuat sup dan dimakan langsung sebagai salad.

Cara mengolah daun kelor bisa disesuaikan dengan kesukaan atau selera. Meski begitu, tubuh tetap mendapat manfaatnya.

Laporan Just My Health memuat beberapa cara yang tepat untuk mengolah daun kelor, seperti: Haluskan sejumput daun kelor atau satu sendok teh bubuk daun kelor dengan buah, air atau yogurt. Rebus satu sendok teh kelor kering. Rendam daun atau daun bubuk dalam air mendidih selama 5 menit dan masak daun kelor segar sebagai sup atau campurkan daun kelor segar ke dalam salad dengan sayuran lain seperti selada, tomat, mentimun, dan saus salad.

Daun kelor dapat diolah menjadi berbagai macam makanan atau minuman dan dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Baca Juga: Penyakit Apa Saja yang Diobati Ekstrak Daun Kelor? Berikut 8… Kandungan dan Khasiat Daun Kelor

Namun penggunaan daun kelor yang masih muda lebih disarankan dibandingkan daun kelor yang sudah tua.

Menurut Kementerian Kesehatan, Kamis (15/6/2023), kelor muda tumbuh pada baris ke-9 atau ke-10 pada dua cabang di bawah tanda panah, yang makanannya lebih banyak dibandingkan daun kelor di baris bawah.

Daun kelor mengandung beberapa nutrisi: Protein: 28,25 persen Beta Karoten (Provitamin A): 11,93 miligram (mg) Kalsium: 2241,19 mg Zat Besi: 36,91 mg Mangan: 28,03 mg

Penelitian lain menunjukkan bahwa daun kelor yang masih muda memiliki kandungan nutrisi tanaman yang lebih tinggi dibandingkan daun kelor yang sudah tua.

Nilai gizi daun kelor dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan: Mencegah penimbunan cairan pada jaringan tubuh tertentu atau melindungi kulit dan rambut dari efek berbahaya radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan hati dan mempercepat proses penyembuhan penyakit hati. Mengobati gangguan pencernaan seperti salmonella, E. coli dan rhizopus. Membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. menyembuhkan radang sendi dan kerusakan tulang, serta meningkatkan mood, sehingga dapat mengurangi beberapa gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Ini mempercepat penyembuhan luka dan mencegah jaringan parut. Ini mencegah kerusakan jantung dan menjaganya tetap sehat. Menurunkan kadar gula darah dan protein. Karena kandungan kencingnya, sangat cocok digunakan oleh penderita diabetes dan mengobati pendarahan untuk mencegahnya

Dengan memahami cara mengonsumsi daun kelor, Anda bisa memetik berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas.

Mengonsumsi daun kelor setiap hari umumnya aman dan bermanfaat.

Namun bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat disarankan untuk berkonsultasi sebelum penggunaan rutin.

Baca Juga: Bisakah Kelor Menurunkan Gula Darah? Berikut penjelasannya… Dengarkan berita terbaru kami dan picks langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top