Apakah Menggunakan Mode Manual di Mobil Matik Bisa Berdampak Buruk?

SOLO, virprom.com – Kemudahan mengoperasikan mobil bertransmisi otomatis tanpa menggunakan kopling untuk berpindah gigi membuat banyak orang memilih kendaraan ini.

Namun mobil matic juga memiliki mode manual yang memungkinkan pengemudi mengatur perpindahan gigi secara manual. Layaknya transmisi manual, namun tanpa perlu menekan pedal kopling.

Beberapa pengguna mobil matic menggunakan mode manual untuk memberikan kendali lebih terhadap kendaraannya, terutama saat berkendara di perjalanan atau saat perlu berakselerasi.

Baca Juga: Rayakan 40 Tahun, BMW Tunas Tawarkan Program Loyalitas Khusus

Namun, penggunaan mode manual seringkali dapat memberikan efek negatif?

Mitchells, pemilik Garassi Auto Service, bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, mengatakan penggunaan mode manual pada mobil matic tidak akan berdampak buruk.

“Saya kira tidak ada, asalkan digunakan dengan benar. Misalnya rpm maksimal 4.000 rpm digeser ke gigi tertinggi, atau aman maksimal 3.000 rpm,” kata Muchlis. Kata virprom.com , Jumat (14/6/2024).

Hal ini menunjukkan bahwa kunci dalam menggunakan mode manual adalah memahami keterbatasan dan cara kerja transmisi otomatis itu sendiri.

Baca Juga: Diskusi Wawancara, Edukasi Keselamatan Berkendara untuk Generasi Muda

Selama pengemudi memperhatikan putaran atau rpm mesin dan tidak memaksa transmisi beroperasi melebihi rentang idealnya, pengemudi dapat memberikan kendali tambahan tanpa merusak transmisi.

Namun, kata Mitchell, rasanya aneh jika mobil matic menggunakan mode manual, karena nyaman namun memilih rute yang sulit.

“Tapi aneh juga kalau mobil matic sering dalam mode manual. “Beli yang matic biar tidak ribet karena cenderung pakai mode manual,” kata Mitchell. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top