Terima Stafsus Presiden, Mensos Janji Beri Dukungan terhadap Penyandang Disabilitas

JAKARTA, virprom.com – Menteri Sosial (Mensos) Saifullah Yusuf menerima Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia di kantor Kementerian Sosial RI (Kemensos), Selasa 1/10/ 2024 ).

Saifullah dan Angkie membahas apa yang terjadi pasca pertemuan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPP PPDI) dengan Presiden beberapa waktu lalu terkait dukungan organisasi tersebut terhadap penyandang disabilitas.

“Kami berupaya membuat sekretariat organisasi ini, untuk mendukung penyandang disabilitas,” kata Saifullah Yusuf, dalam keterangan tertulis, Rabu (2/10/2024).

Baca juga: Temui Jokowi, PPDI Harap UU Penyandang Disabilitas di Daerah Diperkuat

Sementara itu, Angkie menegaskan, upaya yang dilakukan Sekda ini merupakan terobosan baru dalam mewujudkan Indonesia ramah dan inklusif bagi penyandang disabilitas.

Nantinya dengan adanya sekretariat, teman-teman penyandang disabilitas bisa saling berdiskusi untuk menghasilkan kebijakan publik yang dibutuhkan, kata Angkie.

Angkie berharap Kementerian Sosial dapat menerapkan kebijakan terkait penyandang disabilitas dalam mencapai impiannya.

Ia meyakini, upaya meningkatkan perekonomian penyandang disabilitas harus dimulai dari pendidikan dan menghargai bakat atau kelebihannya.

Baca juga: Pilkada Jakarta: Komitmen Politik dan Harapan Kelompok Disabilitas

Langkah selanjutnya adalah mendorong kemandirian yang dicapai dengan bekerja baik secara formal maupun informal.

Pemerintah dan swasta juga diharapkan dapat mempekerjakan penyandang disabilitas untuk bekerja di perusahaan.

“Saat ini ketersediaan lapangan kerja lebih bersifat formal dan kesenjangannya sangat tinggi sehingga pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2019 salah satunya mempekerjakan penyandang disabilitas,” kata Angkie.

Sementara itu, Kementerian Sosial akan menjadi kementerian teknis dalam melayani penyandang disabilitas sejalan dengan upaya pencapaian hak-hak penyandang disabilitas.

Pencapaian tersebut dilakukan melalui program rehabilitasi, pemberdayaan, dan kolaborasi dengan pihak negara dan swasta agar penyandang disabilitas yang mendapat pelatihan vokasi dapat bekerja di perusahaan.

Dalam pertemuan tersebut, Mensos dan Angkie juga membahas rencana peningkatan keterampilan dan kreativitas penyandang disabilitas melalui Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada 3 Desember. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. . Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top