Mantan Presiden Bolivia Evo Morales Diberondong Tembakan, Ada 14 Lubang Peluru di Mobilnya

LA PAZ, virprom.com – Mobil mantan Presiden Bolivia Evo Morales ditembak pada Minggu (27/10/2024).

Morales menuduh Presiden Bolivia saat ini Luis Archa menjadi dalang di balik upaya pembunuhan tersebut.

Sopirnya terluka, tapi Morales baik-baik saja. Dalam perjalanannya ke stasiun radio di Cochabamba untuk wawancara, dia ditembak oleh pria bertopeng.

Baca Juga: Apakah Presiden Bolivia Merencanakan Kudeta untuk Mendongkrak Popularitas?

“Mobil yang saya tumpangi memiliki 14 lubang,” kata Morales, menurut AFP. “Itu sudah direncanakan. Tujuannya adalah untuk membunuh Evo.”

Stasiun radio yang melakukan wawancara merilis video Morales mengendarai mobil lapis baja. Ada tiga lubang di kaca jendela

Morales kemudian menuduh Presiden Luis “Lucho” Arch, mantan sekutunya dan menteri kabinet, merencanakan serangan itu.

Morales mengatakan Lujo telah menghancurkan Bolivia dan sekarang dia ingin membunuh Evo. Untungnya saya selamat.

Dia kemudian mengajukan pengaduan ke Komisi Hak Asasi Manusia Inter-Amerika di Kosta Rika, menuduhnya membunuh pejabat pemerintah.

Sementara itu, Arce memerintahkan Morales melakukan penyelidikan mendalam untuk memverifikasi rincian serangan tersebut.

Namun, Wakil Menteri Keamanan Bolivia Roberto Rios menyalahkan Morales atas serangan terhadap kampnya sendiri.

Baca Juga: Presiden Bolivia Luis Ares yang Selamat dari Upaya Kudeta?

Evo Morales adalah mantan petani koka, kini berusia 65 tahun Ia menjabat sebagai presiden Bolivia dari tahun 2006 hingga 2019 dan sangat populer di negara Andes tersebut.

Morales ingin melanggar konstitusi dengan mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat.

Namun, ia terpaksa mengundurkan diri setelah kehilangan dukungan militer menyusul pemilihan umum di tengah tuduhan penipuan. Morales juga melarikan diri ke Meksiko.

Dia kembali ke Bolivia pada tahun 2020 untuk kebangkitan politik.

Evo dan Arce sama-sama mencalonkan diri sebagai calon dari partai berkuasa MS pada pemilihan presiden Bolivia pada Agustus 2025, namun Morales dilarang mencalonkan diri kembali.

Evo Morales masih diselidiki atas tuduhan pemerkosaan, perdagangan manusia, dan hubungan seks dengan seorang anggota kelompok pemuda politik berusia 15 tahun pada tahun 2015.

Baca Juga: Profil Presiden Bolivia Luis Arch Dengarkan berita dan pembaruan kami di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top