Antusiasme Peserta Meningkat, Kompetisi Ide Bisnis Pertamina Pertamuda Diikuti 3.245 Mahasiswa Calon Pengusaha

virprom.com – Ribuan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia telah mendaftar menjadi peserta Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda ke-4: Seed and Scale 2024 yang diadakan oleh PT Pertamina (Persero).

Pendaftaran dibuka mulai 15 Agustus hingga 21 Oktober 2024 untuk total 3.245 mahasiswa dari 696 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia.

Sepuluh kampus teratas antara lain Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluk Noyab (ITS).

Juga Universitas Pajajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Indonesia (UI), Telkom University dan Universitas Irlandia (Unair).

Baca Juga: Pertamina Targetkan Dana Tunai $15 Miliar Pada SMEXPO 2024

Vice President (VP) Stakeholder Relations and Management Pertamina Rifki Rahman Yusuf menjelaskan antusiasme mengikuti Pertamuda tercermin dari jumlah pendaftaran setiap tahunnya yang mengalami peningkatan selama empat tahun berturut-turut.

Jumlah pesertanya mencapai 2025 peserta pada tahun 2021, 2445 peserta pada tahun 2022, 2719 peserta pada tahun 2022, dan 3245 peserta pada tahun 2024.

“Jumlah masyarakat yang mendaftar Pertamuda pada tahun 2024 ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/10/2024), ia mengatakan, “Banyaknya mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini menunjukkan keinginan mereka untuk membangun bisnis. startup.”

Pertamuda atau Pertamina Muda-Seed & Scale merupakan kompetisi dari Pertamina untuk menjaring ide bisnis start-up mahasiswa yang menerapkan pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga: Pertamina dorong UKM lokal lebih vokal di SMEXPO 2024

Pertamuda memiliki dua kategori yaitu startup tahap awal dengan jumlah siswa terdaftar sebanyak 2.483 orang dan kategori pendiri energi dengan jumlah siswa sebanyak 807 orang pada tahun 2024.

Fajar Joko Santoso, Vice President Corporate Communications (VP) Pertamina menambahkan, melalui acara ini, Pertamina mendukung startup di Indonesia.

“Kerjasama Pertamina dengan perguruan tinggi terus dilaksanakan untuk menciptakan generasi penerus pembangunan nasional melalui program pendidikan, dukungan sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia dan lain sebagainya,” ujarnya.

Setelah proses pendaftaran ditutup, kompetisi Pertamuda sudah memasuki tahap kurasi, peserta terpilih akan mengikuti rangkaian hari demonstrasi, tahap final dan pertemuan bisnis dengan 20 calon investor dan mitra bisnis utama.

Baca Juga: Pertamina Patra Jasa Raih 4 QHSE Sustainability for Business Awards 2024 di Indonesia

Kompetisi ini memilih tiga inovator teratas dari setiap kategori dan mereka akan menerima dana pelatihan lebih dari 500 juta birr dan program akademi bisnis enam bulan serta beasiswa tiga bulan.

“Acara Pertamuda ini menjadi sarana komunikasi antara Pertamina dengan civitas akademika mahasiswa, sekaligus mendorong inovasi di bidang energi berkelanjutan,” jelas Fajr.

Perlu diketahui, sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi, Pertamina berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi pada tahun 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). .

Seluruh upaya tersebut selaras dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh area dan seluruh operasional bisnis Pertamina. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top