Aion Y Plus Manfaatkan Insentif Impor CBU

JAKARTA, virprom.com – Presiden dan Direktur PT Indomobil Sukses International Tbk Jusak Kertowidjojo membenarkan kehadiran GAC Aion di Tanah Air tak hanya sebatas penjualan.

Sebab, merek mobil listrik asal China itu sepakat melakukan perakitan lokal di fasilitas milik Grup Indomobil di bawah bendera PT National Assemblers di Cikampek, Jawa Barat.

Sebelum masa peninjauan dimulai, seluruh produk yang diperkenalkan perseroan di Indonesia, termasuk model Aion Y Plus, akan diimpor sementara secara utuh (completely built/CBU) dari negara asalnya.

Baca Juga: Baru Diluncurkan, GAC Aion Janji Mulai Ekspor Mulai 2026

“Kita sedikit, beberapa bulan ke depan, setelah itu akan berkumpul di sini,” kata Yusak saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

– Produk harus diproduksi di sini, kalau tidak maka akan dikenakan bea masuk dan (biaya) lainnya, sehingga tidak kompetitif, lanjutnya.

Sehubungan dengan itu, CEO Aion Indonesia Andri Siu menyatakan pengenalan produk dengan sistem impor CBU hanya bersifat sementara. Dalam prosesnya, GAC ​​Aion mendapat manfaat dari 79/2023. dari insentif pembebasan pajak impor yang diatur dalam Keputusan Presiden no.

“Opsi (pembebasan bea masuk) ini kami gunakan pada tahap awal, namun jumlahnya tidak besar karena pelaku usaha akan segera hadir, mungkin pada kuartal IV 2024,” kata Andriy.

“Kami belum menggunakannya sepenuhnya (untuk bisnis jangka panjang) karena rencana perakitan kami sudah siap. Saat ini sedang dalam proses persiapan,” lanjutnya.

Baca Juga: Insentif Impor Kendaraan Listrik Gratis hanya berlaku hingga tahun 2025 

Adapun objek yang dimaksud, lanjut Andriy, memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 50.000 unit. Jumlah ini dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan pasar.

Bahkan, strategi serupa juga diterapkan grup Indomobil melalui merek Citroen yang berada di bawah distributor nasional PT Indomobil.

Dalam surat persetujuan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Nomor 1/KBLBB-CBU/1/OSS/PMDN 2024, Citroen mendapat pembebasan pajak impor model E-C3 hingga tahun 2026. . . sebelum akhirnya melaksanakan majelis lokal.

Dengarkan berita dan pemilu kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top