Media Rusia Soroti Minat Indonesia Gabung BRICS di KTT BRICS 2024

MOSKOW, virprom.com – Media Rusia fokus pada tawaran Indonesia untuk bergabung dengan BRICS pada KTT BRICS 2024 di Kazan, Rusia.

Pada Jumat (25/2024), TASS menerbitkan artikel berjudul “Indonesia di Pertemuan Kazan – MFA Minta Keanggotaan BRICS”.

Artikel tersebut menyebutkan bahwa Indonesia mengumumkan keinginannya untuk bergabung dengan BRICS pada BRICS Plus/Outreach Summit.

Baca juga: Alasan Indonesia Ingin Bergabung dengan BRICS

“Indonesia menyampaikan keinginannya untuk bergabung dengan BRICS pada BRICS Plus/Outreach Summit yang diselenggarakan di Kazan,” lapor TASS mengomentari pengumuman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia.

Kemudian TASS fokus pada tujuan Indonesia bergabung dengan BRICS.

Menteri Luar Negeri RI Sugiono mengatakan: “Partisipasi Indonesia dalam BRICS merupakan tanda politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. Hal ini tidak berarti kita tergabung dalam kelompok mana pun, namun kita berpartisipasi dalam kelompok masing-masing.”

Indonesia dikatakan ingin fokus pada “kepentingan bersama negara-negara berkembang (Global Selatan)” dengan berpartisipasi dalam BRICS.

KTT BRICS ke-16, yang merupakan acara utama kepemimpinan organisasi Rusia, berlangsung antara tanggal 22-24 Oktober di Kazan.

Baca juga: Putin Bilang BRICS Tak Mau Saingi Siapa Pun, Apa Tujuannya?

Pada hari kedua konferensi, para peserta mengadopsi Deklarasi Kazan.

Di antara isu-isu penting lainnya, dokumen tersebut menunjukkan perkembangan kelompok tersebut, posisinya dalam urusan dunia dan penyelesaian masalah, seperti di Ukraina dan Timur Tengah.

Kelompok BRICS dibentuk pada tahun 2006 oleh Brasil, Rusia, India dan Tiongkok, dan Afrika Selatan bergabung pada tahun 2011.

Pada tanggal 1 Januari 2024, Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi, dan Amerika Serikat menjadi anggota penuh.

KTT BRICS yang diadakan di Kazan merupakan KTT pertama di mana anggota baru organisasi tersebut berpartisipasi sebagai anggota penuh.

 

 

  Dengarkan berita terkini dan pilih berita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda memiliki aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top