Jokowi Perintahkan Menlu Segera Evakuasi WNI di Lebanon

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi segera mengikuti evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Lebanon.

Perintah ini diberikan sebagai respons atas meningkatnya ketegangan konflik antara Lebanon dan Israel. 

Saya perintahkan Pak Menteri (Retno Marsudi) untuk mengikuti apa yang saya sampaikan agar keamanan dan perlindungan warga kita diutamakan dan percepatan evakuasi, kata Jokowi usai meninjau pasar Kefamenanu di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. . . Tenggara, seperti dikutip dari tayangan YouTube, Sekretariat Presiden, Rabu (2/10/2024).

Baca juga: Kemlu RI: Proses Evakuasi WNI di Lebanon Sedang Berlangsung

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Roy Soemirat mengatakan, proses evakuasi WNI dari Lebanon saat ini sedang berlangsung.

Roy menegaskan, evakuasi ini merupakan prioritas tertinggi pemerintah untuk menjamin keselamatan warganya.

Keamanan WNI juga terus menjadi perhatian utama pemerintah Indonesia. Sehubungan dengan itu, proses evakuasi WNI dari Lebanon juga terus berjalan, kata Roy dalam keterangannya, Rabu (2/10/2024 ).

Saat ini terdapat 157 WNI di Lebanon, 70 diantaranya menolak dievakuasi.

“Mereka sudah menyerahkan surat pertanggungjawaban mutlak, bahwa mereka akan bertanggung jawab secara pribadi atas keselamatan dan keamanannya,” kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Beirut, Yosi Aprizal, pada Kamis (26/09/2024). .

Baca juga: Hizbullah Bantah Adanya Serangan Darat Israel ke Lebanon

Konflik di Timur Tengah, khususnya antara Israel, Palestina, Lebanon, dan Iran terus meningkat.

Serangan terbaru Israel mengakibatkan kematian Ibrahim Kobeissi, komandan tertinggi unit roket dan rudal Hizbullah.

Seorang juru bicara militer Israel membenarkan bahwa serangan di Beirut menewaskan Kobeissi, yang menjadi sasaran serangan yang menghantam sebuah gedung tempat dia berada bersama setidaknya dua komandan lainnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top