Modifikasi Honda Beat Pakai Mesin Vario 160

JAKARTA, virprom.com – Pergantian modifikasi mesin atau penggantian mesin mobil dengan model mesin yang berbeda sedang menjadi tren di kalangan pecinta mobil.

Modifikasi ini tidak hanya memberikan performa lebih baik tetapi juga memberikan sentuhan lebih personal pada kendaraan.

Pertukaran mesin memungkinkan pengendara menyesuaikan karakter sepeda motor sesuai keinginannya.

Baca juga: Isuzu Panther Bekas Dijual Rp 60 Jutaan

Salah satunya adalah Hathaya Elandra asal Denpasar, Bali yang memodifikasi mesin Honda Beat menggunakan mesin Wario 160.

Modifikasi ini terbilang unik mengingat Beat awalnya merupakan skutik kecil berkapasitas 110 cc. Namun berkat komentar Hattaya, Beat sepertinya mendapat facelift besar-besaran karena kapasitas mesinnya ditingkatkan.

Secara tampilan motor ini masih standar, namun lebih terasa kekar. Perubahan pada mesinnya tidak terlihat oleh mata awam. Namun Anda akan merasakannya saat mencobanya secara langsung.

Baca Juga: Hitung Konsumsi Bahan Bakar Honda BR-V N7X Edition, Cocok untuk Pemakaian Sehari-hari

Demi melakukan perubahan tersebut, 1 unit Honda Beat 2020 dan 1 unit Vario 160 2022 sengaja dibeli oleh pemiliknya. Proses pengerjaannya dilakukan sendiri di garasi rumahnya.

Menurutnya, banyak perubahan. Umumnya sepeda motor ini menggunakan sasis dan bodi Beat serta sasis dan mesin Vario 160.

“Yang paling susah itu kelistrikan, terutama lampu depan. Saat ini kita masih tugas lampu utama, yaitu lampu depan besar, jadi terbalik,” kata Hattaya kepada virprom.com (24/9/2024). ).

Baca juga: Parkir Sembarangan di Depan Rumah Warga Bisa Ancam Sanksi Pidana dan Perdata

“Selebihnya aman, kelistrikannya pakai kabel bodi Vario 160, lampu dan saklar perlu disambung. Lalu dudukan keyless key dipasang kembali, dudukan ECU juga diubah,” ujarnya.

Hattaya menjelaskan, kedua sepeda motor tersebut sebenarnya dibeli pada Januari 2024. Namun karena padatnya jadwal, proses pengerjaan selesai sekitar Mei 2024.

Soal perkiraan harganya, akan dibanderol Rp 35 juta hingga Rp 40 juta termasuk 2 unit sepeda motor.

Baca Juga: Begini Cara Mengumpulkan Uang yang Dihemat dari Denda Lalu Lintas

Bedanya dari mesinnya di engine mount, kebetulan engine mount Beat 2020 dan Vario 160 2022 sama-sama di atas jadi tidak terlalu sulit. “Kemudian ada perubahan penempatan air. Untuk tangki radiator, ada sedikit luka di bodi bagasi,” kata Hattaya.

CVT juga mengalami perubahan, terutama mangkok kain ganda, kain ganda, pegas CVT, roller, vanbelt, housing roller, pulley pin, dan busi menggunakan iridium. Saat diluncurkan, kecepatan maksimalnya mencapai 155 km/jam, ujarnya. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran virprom.com untuk mendapatkan berita dan pilihan terkini kami langsung di ponsel Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top