Elon Musk Pamer Starlink di Pesawat Terbang, Kecepatan Tembus 200 Mbps

virprom.com – Qatar Airways pada Selasa (22/10/2024) meluncurkan penerbangan perdananya dengan layanan internet menggunakan Starlink.

Selama penerbangan Boeing 777-300, CEO Qatar Airways Badr Mohammed Al-Meir menguji Starlink di pesawat. Dia melakukan panggilan video dengan Elon Musk, CEO SpaceX. 

Elon Musk sesumbar bahwa pembicaraannya dengan pimpinan Qatar Airways berjalan lancar karena Starlink. Sebab, jaringan internet yang mereka gunakan saat video call juga didukung oleh Starlink.

“Pembicaraan kita sekarang dengan Starlink. Saya juga menggunakan Starlink di rumah sehingga terhubung ke pesawat Anda,” kata Elon Musk melalui video call, seperti dikutip KompasTekno dari saluran YouTube Qatar Airways.

Pimpinan Qatar Airways berkeliling memperlihatkan beberapa area kabin, termasuk pilot dan tempat parkir Elon Musk.

Baca selengkapnya: Starlink Mini Out, Ukuran Laptop dan Bisa Dibawa Kemana Saja

Selama aktivitas ini, video call terlihat semulus di darat. 

Elon Musk berjanji akan memberikan layanan yang lebih baik di masa depan dengan meluncurkan satelit baru dan meningkatkan perangkat lunak Starlink.

Penerbangan Qatar Airways pertama dengan layanan Starlink berangkat dari Doha, Qatar menuju London Heathrow pada pukul 08:00 waktu Qatar. WiFi gratis disediakan oleh Starlink kepada seluruh penumpang di dalam kabin.

Menurut Business Insider yang berada dalam penerbangan tersebut, kecepatan download Starlink dari pesawat mencapai 215 Mbps.

Dengan kecepatan tinggi tersebut, pengguna dapat melakukan panggilan video, streaming video, dan bermain game online. Dukungan ini juga menunjang produktivitas pengguna, terutama yang lebih aktif. 

Baca selengkapnya: Kontroversi Starlink: Masa Depan Internet atau Ancaman Baru bagi NKRI?

Selain pesawat ini, Qatar Airways akan melengkapi seluruh 12 pesawat Boeing 777-300 miliknya dengan internet Starlink pada akhir tahun 2024. Layanan yang sama akan disediakan pesawat Airbus A350 untuk penerbangan Qatar Airways tahun depan.

Qatar Airways sendiri menjadi maskapai kedua yang memasang Starlink Internet setelah Hawaiian Airlines, dilansir KompasTekno dari MSN, Kamis (24/10/2024).

Maskapai lain seperti United Airlines dan Air France juga telah mengumumkan rencana memasang Starlink di pesawat mereka. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top